Studi Kelayakan Magister Pendidikan Bahasa

Antoro, Sunu Dwi and Ardiasih, Lidwina Sri and Juhana, and Supratmi, Nunung and Izzati, Arini Noor (2014) Studi Kelayakan Magister Pendidikan Bahasa. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
2014_293.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei tentang minat guru bahasa di seluruh Indonesia dalam mengembangkan kemampuan professionalitas. Pengembangan profesionalitas guru sangat berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas guru. Peningkatan kuliatas guru berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru. Kompetensi professional menjadi salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh guru. Kompetensi professional ini mencakup kompetensi guru terhadap materi yang menjadi bidangnya, kemampuan menyampaikan pembelajaran, serta kemampuan pengembangan diri dalam bidangnya. Guru bahasa tentu saja tidak luput dari tuntutan peningkatan profesionalismenya sebagai guru bahasa yang mampu menguasai bidang bahasa yang menjadi ahlinya, mampu membelajarankan siswa menggunakan bahasa dan mampu mengembangkan diri menjadi guru bahasa yang professional. Arah pengembangan profesional guru bahasa disusun, dikembangkan dan dilaksanakan oleh guru bahasa bersumber dari keinginan diri guru bahasa, tutntutan pemerintah dan bersumber dari kepala sekolah. Untuk melihat bagaimana pengembangan guru bahasa agar menjadi guru bahasa yang professional perlu dilakukan penelitian dengan mengambil sampel guru bahasa untuk menjaring informasi berkaitan dengan keinginan pribadi, motavisai, keinginan pemeruintah dan kepala sekolah. Populasi penelitian ini adalah para guru bahasa di SMP dan SMA seluruh Indonesia baik yang mengajar bahasa Indonesia, bahasa asing, maupun bahasa daerah. Dasar pemikiran mengapa tidak menspsifikkan pada guru bahasa tertentu adalah bahwa dari segi pengembangan materi, penyampaian materi dan teknik penilaian pembelajaran bahasa pada prinsipnya menyerupai meskipun tidak sama persis yang disebabkan oleh karanteristik masing-masing bahasa. Dengan demikian maka arah pengembangan professional guru bhasa tentu tidak jauh berbeda satu sama lain meskipun berbeda bahasa yang diajarkan. Teknik pengumpulan data tentang informasi arah pengembangan professional guru bahasa menggunakan kuesioner berbentuk kuesioner tertutupmaupun terbuka. Untuk meningkatkan akurasi data informasi kuesioner, dilakukan wawancara terhadap responden sebagai tujuan untuk mengklarifikasi informasi dari apa yang telah dijawab dalam kuesionaer. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik dan data kualitatif deskriptif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_293
Uncontrolled Keywords: studi kelayakan, profesionalisme, guru bahasa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:43
Last Modified: 18 Sep 2018 01:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item