Pengaruh Kualitas Layanan Bantuan Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Non Pendas UPBJJ-UT Batam)

Malau, Albert Gamot (2012) Pengaruh Kualitas Layanan Bantuan Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Non Pendas UPBJJ-UT Batam). Project Report. Universitas Terbuka, Batam.

[img]
Preview
Text
2012_147.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Layanan Bantuan Belajar merupakan salah satu layanan yang diberikan ke mahasiswa,layanan bantuan belajar mencakup layanan distribusi bahan ajar dan layanan tutorial tatap muka. UPBJJ-UT Batam salah satu UPBJJ penyelengara tutorial tatap muka dengan jumlah peserta 2100 orang / semester. Yang terdiri di 3 pokjar yaitu pokjar Batam, anambas dan tanjung batu. Penelitian ini dilakukan di Pokjar Batam dengan mengambil populasi 1000 orang mahasiswa, dengan mengunakan metode purposive sampling terhadap 167 mahasiswa Non Pendas peserta tutorial tatap muka atas permintaan mahasiswa masa registrasi 2012.2.Tingginya minat mahasiswa UPBJJ-UT Batam dalam mengikuti tutorial tatap muka setiap semester maka penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas layanan Bantuan Belajar yang mencakup kehandalan,daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung terhadap kepuasan Mahasiswa dengan kasus mahasiswa non Pendas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 16 % terhadap kepuasan mahasiswa, ini sejalan dengan Analisis Deskriptif kehandalan dimana 83 % menyatakan setuju, bahwa layanan keluhan nilai,informasi tutorial tatap muka, tutor datang tepat waktu serta petugas UPBJJ tangap atas keluahan sebesar 83 %,(2)Daya Tanggap berpengaruh positif dan signifikan sebesar 51 % terhadap kepuasan mahasiswa, Ini sesuai dengan hasil analisis Deskriptif Daya tangap, dimana 85 % menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap kepuasan mahasiswa., (3) Jaminan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 27 % terhadap kepuasan mahasiswa, ini sejalan dengan analisis deskriptif jaminan , dimana 73 % menyatakan setuju dan sangat setuju sedangkan 27 % lagi menyatakan tidak setuju.(4) Empati berpenaruh positi dan signifikan sebesar 29 % terhadap kepuasan, hal ini sesuai dengan analisis deskriptif empati, dimana 70 % menyatakan sangat setuju dan 30 % menyatakan tidak setuju. (5) Bukti Langsung berpengaruh positif dan signifikan sebesar 32 % terhadap kepuasan, hal ini sejalan dengan analisis deskriptif Bukti langsung dimana sebesar 80 % menyatakan sangat setuju terhadap kepuasan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_147
Uncontrolled Keywords: Kepuasan,Kualitas,Kehandalan,daya tanggap,jaminan,empati, bukti langsung
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:47
Last Modified: 08 Nov 2016 08:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item View Item