Pengarusutamaan Manajemen Berbasis Sekolah pada Program Studi PGSD (MBS-PGSD) Universitas Terbuka

S, Evan Sukardi and Suhartono, and Marsinah, Ngadi (2012) Pengarusutamaan Manajemen Berbasis Sekolah pada Program Studi PGSD (MBS-PGSD) Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_161.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan kualitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar (SD) Wilayah Kantor Cabang Pendidikan & Kebudayaan, Depok dan Tangerang Selatan. Selain itu berkontribusi terhadap perbaikan, implementasi, dan peningkatan kualitas pembelajaran berdasarkan konsep MBS dan membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah di sekolah. Hasil ini menjadi masukan bagi pengembangan materi pada mata kuliah MBS di program S1 PGSD-UT. Penelitian bersifat deskriptif evaluatif yang bersifat eksploratif. Responden adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua dari setiap sekolah yang dijadikan objek penelitian. Tempat penelitian di delapan sekolah rintisan MBS di wilayah Cabang Dinas P&K Depok dan Tangerang Selatan yang masih kurang dan cukup berhasil dalam transparansi, kemandirian, kerjasama, akuntabilitas dan program yang berkelanjutan dalam program MBS. Sekolah tersebut adalah MI Darul Falah Depok, SDN Sukamaju 10 Cilodong Depok, SDN Sukamaju Cilodong Depok V, SDN 03 Rempoa Ciputat Tangerang Selatan, SDN Kedokan Cisauk Tangerang Selatan, SDN Sempora II Tangerang Selatan, MI Asy Syifa Pamulang Tangerang Selatan, dan SD Dharma Karya tangerang Serlatan berada di kategori sedang dan sangat sukses dengan nilai 66,7% -91,6%. Sementara jika ditinjau dari latar belakang (konteks), input, proses dan juga output, maka disimpulkan bahwa kedelapan dari sekolah tersebut memiliki potensi yang cukup mendukung pelaksanaan MBS. Melalui pengarusutamaan manajemen berbasis sekolah pada program S1 PGSD UT (MBS-PGSD) dengan memperhatikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 yaitu menuntut sekolah untuk secara mandiri mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum sekolahnya masing-masing serta menerapkan MBS dalam pengelolaan penddikan, untuk itu UT melakukan penyesuaian materi MBS di program S1 PGSD. Penyesuaian tersebut di antaranya adalah revisi bahan ajar yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum di sekolah dan memasukkan mata kuliah MBS ke dalam struktur Kurikulum Program S1 PGSD-UT. Sementara kebutuhan pengembangan modul MBS yang telah dijadikan bahan acuan pembelajaran bagi mahasiswa dengan tujuan dapat menerapkan konsep MBS dikembangkan materi MBS pada modul dengan memperhatikan kebutuhan MBS di SD dan memantapkan konsep landasan filosofis MBS, otonomi penyelenggaraan pendidikan, kebijakan pemerintah untuk menjamin MBS, desentralisasi dan desentralisasi MBS pada tingkat pendidikan di sekolah dan implentasinya. Untuk itu secara umum implementasi MBS di sekolah dan peran Program S1 PGSD UT dalam pengembangan konsep MBS dapat terwujud baik jika adanya usaha sosialisasi konsep MBS yang jelas, identifikasi peran masing-masing pembangunan kelembagaan capacity building terprogram, kegiatan pelatihan diberbagai peran sekolah berkembang dan terpenuhi secara proporsional, proses pembelajaran, evaluasi dan kegiatan lainnya dapat dilakukan dengan perbaikan-perbaikan secara bertahap.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_161
Uncontrolled Keywords: Pengarusutamaan, Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah, dan Mutu
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 02:10
Last Modified: 26 Aug 2019 02:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5959

Actions (login required)

View Item View Item