Studi Meta Analisis Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Mahasiswa Program S-1 PGSD di UPBJJ-UT Surabaya

Sutini, (2014) Studi Meta Analisis Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Mahasiswa Program S-1 PGSD di UPBJJ-UT Surabaya. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_299.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan meta analisis laporan PKP mahasiswa PGSD UT yang dapat memberikan informasi yang jelas dan komprehensif mengenai hasil-hasil laporan PKP sehingga dapat dipergunakan untuk memperbaiki model pembelajaran di SD. Penelitian ini menggunakan metode sintesis kualitatif (meta-analisis kualitatif) dari Gall (2003). Subyek sintesis adalah 98 laporan PKP mahasiswa PGSD UT UPBJJ Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum seluruh laporan PKP mahasiswa PGSD UT adalah upaya yang dilakukan dalam penanggulangan masalah prestasi belajar atau hasil belajar siswa SD dengan menggunakan beragam strategi pembelajaran sebagi upaya untuk menanggulangi masalah tersebut, (2) seluruh laporan PKP sudah menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK), dengan ciri utama mengangkat masalah riil dan bersifat situasional, dan menggunakan prosedur siklus empat fase yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dan (3) isi atau konten laporan PKP menggunakan beragam strategi pembelajaran untuk menanggulangi masalah yang dihadapi ketika melaksanakan pembelajaran di SD. Berbagai strategi yang dipilih telah dibuktikan dalam praktek perbaikan pembelajaran ternyata memiliki kontribusi yang cukup besar dalam memperbaiki model pembelajaran di SD karena bukan saja model-model pembelajaran yang beragam tetapi beberapa diantaranya memiliki inovasi yang patut dijadikan sebagai model pembelajaran di SD. Rekomendasi yang dapat ditawarkan adalah perlu dilakukan meta analisis terhadap berbagai hasil penelitian dari jenis penelitian lain, karena itu peneliti yang tertarik diharapkan dapat menggali lebih banyak lagi hasil-hasil penelitian dengan cara melakukan meta analisis dengan cakupan atau aspek analisis yang berbeda.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_299
Uncontrolled Keywords: Meta Analisis, Pemantapan Kemampuan Profesional, sintesis kualitatif, laporan PKP, kualitas pembelajaran di SD
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 03:10
Last Modified: 21 Aug 2019 03:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5983

Actions (login required)

View Item View Item