Evaluasi Terhadap Implementasi Sistem Pelayanan Administrasi Akademik Di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Darminah, and Ardiasih, Lidwina Sri and Suratinah, (2014) Evaluasi Terhadap Implementasi Sistem Pelayanan Administrasi Akademik Di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_99.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan ADMINISTRASI akademik yang dihadapi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBIS) FKIP-UT dan alternatif solusi yang diberikan. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pelayanan administrasi akademik terhadap mahasiswa PBIS serta memberikan alternatif solusi dari permasalahan administrasi akademik mahasiswa PBIS. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Discrepancy Evaluation Model atau yang disingkat dengan DEM yang diprakarsai oleh Provus (1969). Standard yang digunakan adalah Standard Prosedur Penanganan Layanan dan Keluhan yang dimiliki UT yaitu jkop jj03. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesiner dan pedoman wawancara. Data primer yang dikumpulkan adalah permasalahan administrasi akademik yang diajukan mahasiswa PBIS melalui tatap muka, telepon, surat, maupun internet. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Terbuka. Pemilihan sampel dilakukan secara purposif dari mahasiswa yang telah melakukan konsultasi akademik baik secara langsung (tatap muka/telepon), surat, maupun melalui media seperti email dan Customer Relation Managament (CRM) selama satu tahun atau dua smester yaitu 2013.1 dan 2013.2. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa seluruh permasalahan administrasi akademik yang diajukan mahasiswa PBIS semuanya dapat diberikan alternatif solusinya dengan cepat dan tepat. Namun demikian langkah-langkah atau prosedur yang ditempuh oleh program studi lebih singkat dan lebih cepat. Hal ini terjadi perbedaan antara Standard Prosedur Penanganan Layanan dan Keluhan yang dimiliki UT yaitu jkop jj03 dengan prosedur yang dilakukan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_99
Uncontrolled Keywords: implementasi, sistem pelayanan, administrasi akademik, pendidikan bahasa inggris
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration (Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:35
Last Modified: 24 Jul 2018 02:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item