Pemanfaatan Media Berbasis ICT pada Tutorial Tatap Muka Matakuliah Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (KDKPAUD) pada Program Studi PGPAUD UT UPBJJ-SURABAYA

Widuroyekti, Barokah and Dwikoranto, and Asmono, Abas (2011) Pemanfaatan Media Berbasis ICT pada Tutorial Tatap Muka Matakuliah Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (KDKPAUD) pada Program Studi PGPAUD UT UPBJJ-SURABAYA. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2011_30.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media berbasis ICT adalah semua media berbasis teknologi meliputi perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun telekomunikasi. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model pemanfaatan media berbasis ICT dalam tutorial tatap muka matakuliah KDKPAUD pada Program Studi PGPAUD UT. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan, dengan model 4-D, yang diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel, dan terdiri atas tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design),pengembangan (Develop), dan diseminasi (Desseminate). Instrumen pengumpulan data penelitian adalah kuesioner, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah tutor dan mahasiswa Program Studi PGPAUD UT Pokjar Jombang, UPBJJ-UT Surabaya. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Satuan Acara Tutorial (SAT), Rancangan Evaluasi (RE), dan Rancangan Weblog dan Buku Petunjuk 1, 2, 3. Tiga model yang dikembangkan adalah model 1, model 2, dan model 3. Hasil uji coba model dilakukan dengan menerapkan model di kelas tutorial. Uji coba dilakukan dengan desain Single one shot Case Study. Hasil observasi oleh pakar pembelajaran dan tutor terhadap implementasi model diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.45, artinya dalam kategori sangat baik. Persepsi mahasiswa terhadap implementasi model menujukkan bahwa 95% mahasiswa menyatakan setuju bahwa pemanfaatan media berbasis ICT mendukung tercapainya kompetensi matakuliah, sistematis, sesuai dengan materi dan kondisi mahasiswa, mudah diikuti, dan difasilitasi oleh tutor. Hasil kuesioner tentang efektivitas pemanfaatan media dalam tutorial menunjukan persepsi mahasiswa bahwa media komputer, weblog, dan e-mail membantu mahasiswa dalam memahami materi modul, memotivasi belajar, meningkatkan keterampilan dalam komputer dan berkomunikasi, memudahkan dalam pengiriman tugas, dan meningkatkan keterampilan menggunakan internet untuk belajar. Efektivitas pemanfaatan media terlihat dari pencapaian hasil tugas tutorial mahasiswa pada Tugas Tutorial I skor rata-rata adalah 93.34, pada Tugas Tutorial II skor rata-rata adalah 92.44, dan pada Tugas Tutorial III skor rata-rata adalah 94.12, artinya pada semua tugas tutorial pencapaian hasil menunjukkan nilai dalam kategori sangat baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2011_30.pdf
Uncontrolled Keywords: media berbasis ICT, tutorial tatap muka, kegiatan pengembangan AUD
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:25
Last Modified: 10 Nov 2016 03:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6142

Actions (login required)

View Item View Item