Analisis Kualitas Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang

Hartono, Eko Budi (2012) Analisis Kualitas Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1340960.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang ditinjau dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kualitas layanan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat penerima layanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pangkalpinang pada tahun 2011 yang berjumlah 80 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif sehingga didapatkan skor responden berdasarkan indikator dan dimensi, serta perbandingan antara persepsi dan harapan responden terhadap berbagai dimensi layanan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa nilai gap negatif antara persepsi dan harapan responden dengan urutan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah dimensi tangible, assurance, responsiveness, emphaty, dan reliability. Dimensi tangible dengan indikator peralatan pelayanan, ruang pelayanan, dan penampilan petugas, memiliki nilai gap negatif terbesar dibandingkan dengan dimensi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pangkalpinang dengan melengkapi peralatan pelayanan, menata dan memperbaiki ruang pelayanan serta memberi pelatihan teknis bagi petugas pelayanan. Disamping itu, juga diperlukan komitmen dari pimpinan dan seluruh petugas pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40960.pdf
Uncontrolled Keywords: public service, service quality, tourism business, registration service, pelayanan publik, kualitas pelayanan, tanda daftar usaha pariwisata
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:58
Last Modified: 12 Aug 2016 09:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item