Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Strategi Think Talk Write Berbasis Membaca untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik pada Materi Peluang Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang

Suparman, and Hardjo, Sri and Lestari, Sri and Pujiadi, (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Strategi Think Talk Write Berbasis Membaca untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik pada Materi Peluang Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2014_165.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Merosotnya pemahaman matematika siswa di kelas karena dalam mengajar guru sering mencontohkan pada siswa, sehingga membuat siswa tidak aktif karena tidak tahu apa yang akan dikerjakan. Suatu aktivitas pembelajaran yang diharapkan dapat diterapkan untuk menumbuhkembangkan kemampuan berkomunikasi adalah menerapkan strategi pembelajaran “think talk write berbasis membaca “. Dengan strategi pembelajaran ini diharapkan dapat merangsang minat, motivasi dan kemauan serta keaktifan siswa dalam menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan. Penelitian tindakan kelas yang dirancang ini menggunakan strategi “think talk write berbasis membaca” untuk meningkatkan komunikasi matematik bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang. Strategi ini mempresentasikan aktivitas siswa mengenai berpikir- berbicara- menulis, sehingga dalam pembelajaran diatur agar siswa dapat berinteraksi sesamanya, diskusi, negosiasi, dan kolaborasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, siklus 1 menggunakan strategi pembelajaran TTW dengan materi pembelajaran kombinatorik dan permutasi, siklus 2 menggunakan strategi TTW dengan materi pembelajaran kombinasi, dan siklus 3 menggunakan strategi TTW dengan materi peluang. Tujuan utama strategi TTW ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sehingga hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Semarang lebih meningkat. Dengan indikator (i) sekurang-kurangnya 75% siswa kelas XI semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 tuntas dalam pembelajaran matematika, (ii) nilai ulangan harian mencapai kriteria tuntas dalam pembelajaran baik secara individual ataupun klasikal, (iii) nilai ulangan semester 1 se kurang-kurangnya 75% siswa mendapat kategori baik atau sangat baik. Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) minat dan motivasi siswa dalam PTK ini meningkat dari siklus per siklus , hal ini ditunjukkan pada siklus 1: 67,73%, siklus 2: 75% dan siklus 3: 78,33%. (ii) pendapat siswa tentang TTW ditunjukkan pada siklus 1 : 75,24 %, siklus 2 : 82,88% dan siklus 3 : 85,70%. (iii) aktivitas siswa meningkat pada siklus 1: 76%, siklus 2 : 81,30% dan siklus 3 : 85,78%., (iv) rerata hasil penilaian pendalaman materi pada siklus1 : 77,80, siklus 2 : 81 dan siklus 3: 86, dan (v) rerata nilai prestasi hasil belajar siswa pada siklus 1: 78, siklus 2 : 79 dan siklus 3 : 83. Hal ini menunjukkan bahwa dengan strategi TTW dapat meningkatkan minat dan motivasi, aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI semester 1 SMA N 1 Semarang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_165
Uncontrolled Keywords: TTW, kombinatorik, permutasi, peluang.
Subjects: 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 028 Use of Other Information Media (Membaca)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.4 Reading (Membaca, Belajar Membaca)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:00
Last Modified: 31 Jan 2019 04:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item View Item