Sari, (2011) Pengaruh Penguasaan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian terhadap Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Mengajar Mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka Kelompok Belajar Kabupaten Pati. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
|
Text
40540.pdf Download (39MB) | Preview |
Abstract
Lulusan Program S1 PGSD UT seharusnya profesional, yaitu guru yang mampu menguasai tugas pokoknya. Untuk dpaat melaksanakan tugas pokok tersebut mereka perlu menguasai standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Indikator untuk menilai mahasiswa S1 PGSD dalam melaksanakan tugas pokoknya berupa PKM. Kenyataannya mahasiswa S1 PGSD UT dalam melaksanakan PKM mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan standar isi, standar proses, dan standar penilaian dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Masalah pokok penelitian ini (1) apakah pengaruh penguasaan standar isi, standar proses, dan standar penilaian terhadap pelaksanaan PKM mahasiswa S1 PGSD UT Pokjar Kabupaten Pati bermakna, (2) manakah pengaruh yang paling bermakna antara penguasaan standar isi, standar proses, dan standar penilaian penilaian terhadap pelaksanaan PKM mahasiswa S1 PGSD UT Pokjar Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji kebermaknaan pengaruh penguasaan standar isi, standar proses, dan standar penilaian, (2) menguji manakah pengaruh yang paling bermakna antara penguasaan standar isi, standar proses, dan standar penilaian terhadap pelaksanaan PKM mahasiswa S1 PGSD Pokjar Kabupaten Pati. Kerangka teoritis penelitian meliputi teori Woodhouse (1999), Crosby et al. (2001), Hudson (2007), Piaget (2009), Bruner (2009). Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan desain ex post facto. Populasi penelitian adalah kemampuan mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka Kelompok Belajar Kabupaten Pati tahun kuliah 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan sensus dengan jumlah data 56 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda dengan tiga predikstor memakai statstik korelasi parsial menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan standar isi, standar proses, dan standar penilaian secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap pelangaksanaan PKM Mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka Kelompok Belajar Kabupaten Pati. Hasil uji F, penguasaan standar isi sebesar 3,184 penguasaan standar proses sebesar 2,430 penguasaan standar isi paling signifikan terhadap pelaksanaan PKM Mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka Kelompok Belajar Kabupaten Pati daripada pengaruh penguasaan standar proses dan standar penilaian. Hal ini dibuktikan dari Hasil F Hitung penguasaan standar isi lebih besar dibandingkan dengan penguasaan standar proses dan standar penilaian, ayitu sebesar 3,184. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima/tidak ditolak. Berdasarkan temuan penelitian disarankan (1) mahasiswa S1 PGSD UT Pokjar Kabupaten Pati untuk mempertimbangkan pengauasaan standar isi, penguasaan standar proses dan penguasaan standar penilaian dalam pelaksanaan PKM. Karena variabel-variabel tersebut sangat penting untuk peningkatan pelaksanaan pKM, (2) bag peneliti selanjutnya dapat mengembangkan kuisioner, variabel, dan butir pertanyaan yang lain yang relevan dengan kajian tentang pelaksanaan PKM, dan (3) hasil penelitian ini direkomendasikan untuk dikembangkan pada penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40540.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Standar isi, standar proses, standar penilaian |
Subjects: | 800 Literature > 800-809 Literature Theory and Rhetoric (Teori Kesusastraan dan Retorika) > 807 Education and Research of Literatures (Pendidikan, Riset Penelitian Kesusastraan) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:20 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6221 |
Actions (login required)
View Item |