Almahfuz, (2009) Pengaruh Komunikasi dan Motivasi dari Pimpinan Puskesmas Terhadap Kinerja Staf Administrasi Puskesmas di Kabupaten Bintan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41103.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan sangat erat kaitannya dengan kualitas pemberian jasa pelayanan kesehatan itu sendiri. Pelayanan kesehatan yang disuguhkan oleh jajaran di Puskesmas merupakan hasil dari suatu proses kerjasama dari seluruh staf beserta pimpinan Puskesmas. Upaya untuk meraih keberhasilan program pelayanan kesehatan tersebut sangat ditentukan oleh kinerja staf di lingkungan Puskesmas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, termasuk staf administrasi yang tidak sedikit kontribusinya dalam mendukung program kesehatan di Puskesmas secara keseluruhan. Untuk itu faktor komunikasi yang kondusif perlu diciptakan oleh pimpinan Puskesmas. Selain itu juga motivasi para staf administrasi harus selalu diperhatikan dan dioptimalkan agar para staf administrasi senantiasa antusias dan bersemangat dalam bekerja. Adapun yang menjadi dasar alasan pemilihan judul dan pertimbangan dalam melakukan penulisan ini terhadap objek yang dijadikan penelitian adalah (I) Masalah pelaksanaan administrasi pada Puskesmas di Kabupaten Bintan kurang mendapat perhatian yang kuat jika dibandingkan dengan staf pelayanan medis kesehatan. (2) Komunikasi dan motivasi dari pimpinan dalam suatu organisasi sangat menentukan kinerja staf dalam melaksanakan tugasnya guna meraih tujuan organisasi sesuai yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih objektif tentang seberapa besar pengaruh komunikasi dan motivasi dari pimpinan Puskesmasterhadap kinerja staf administrasi pada Puskesmas di Kabupaten Bintan. Dari hasil penelitian ini nantinya juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap para pengambil kebijakan bidang kesehatan untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat dan memutuskan kebijakan-kebijkan kesehatan umumnya dan aspek pemberdayaan staf administrasi pada Puskesmas di Kabupaten Bintan khususnya. Methode Penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif survey, informasi dari populasi yang lansung dijadikan sampel sejumlah 35 orang responden. Tekhnik pengumpulan data dilakan melalui wawancara dan angket sebagai data primer, sedangkan data skundernya adalah dengan cara studi dokumentasi dan kepustakaan. Untuk mengetahui hubungan variabel independen (variabel bebas) yaitu Kumunikasi (Xl) dan Motivasi dari Pimpinan Puskesmas (X2) dan variabel dependen (variabel terikat) yaitu Kinerja Staf Administrasi pada Puskesmas di Kabupaten Bintan (Y) digunakan analisis regresi. HasH penelitian ini menunjukkan Komunikasi dan Motivasi dari Pimpinan Puskesmas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Staf Administrasi pada Puskesmas di Kabupaten Bintan, diketahui dari hasil analisis regresi diperoleh nilai R2 (Square) = 0,797 (79,7 %) pada kategori tingkat korelasi tinggi. Sedangkan 20,3 % kinerja staf administrasi Puskesmas dipengaruhi faktor-faktor lain di luar objek penelitian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41103.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Motivasi dan Kinerja Staf |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.3 Executive Management of Public Administration (Manajemen Administrasi Negara) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 02:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 03:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6239 |
Actions (login required)
View Item |