Kegiatan Pengajaran Sejarah dalam Bidang Pendidikan Formal: Suatu Ana1isis tentang Pe1aksanaan Pengajaran Sejarah di SMTP Berdasarkan Kuriku1um 1975

Makmur, Johan (1985) Kegiatan Pengajaran Sejarah dalam Bidang Pendidikan Formal: Suatu Ana1isis tentang Pe1aksanaan Pengajaran Sejarah di SMTP Berdasarkan Kuriku1um 1975. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40069.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Masa1ah-masa1ah yang dirasakan masih saja ada di da1am kegiatan pengajaran sejarah di seko1ah-seko1ah akan di te1iti kemba1i, termasuk studi dari berbagai-bagai negara tentang ini. Isyu-isyu seperti tujuan pengajaran sejarah di seko1ah-seko1ah, isi atau materi sejarah yang harus diberikan,cara penyampaian, dan cara meni1ai hasi1 be1ajar murid,juga akan diperhatikan. Tiga masa1ah yang dirasakan sangat menonjo1 ada1ah (1) masa1ah sejarah sebagai suatu cabang i1mu, (2) masa1ah sejarah sebagai sa1ah satu mata pe1ajaran di seko1ah, dan (3) masa1ah pe1aksanaan pengajaran sejarah berdasarkan Kuriku1um 1975. Terdapat cukup kesamaan antara masa1ah-masa1ah yang terdapat da1am sejarah sebagai sa1ah satu komponen da1am bidang studi IPS dan da1am sejarah sebagai mata pe1ajaran yaiB berdiri sendiri. Isyu-isyu seperti tujuan-tujuan irntitusional pengajaran sejarah yang mencakup bidang kognitif,psikomotorik dan afektif; struktur program kuriku1um; garis-garis besar program pembejaran; sistem penyajian yaitu mencakup Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional ( PPSI )termasuk model Satuan pelajaran; dan sistem evaluasi belajar, juga akan dibicarakan. Beberapa kerangka proses belajar-mengajar sejarah akan dikemukakan, yang akan menyediakan konseptualisasi dari perbedaan-perbedaan yang terdapat pada proses tersebut. Akhirnya akan ditawarkan beberapa model pelajaran sejarah. Penelitian menggunakan studi kepustakaan dan metode serta analisis deskriptif untuk menjelaskan perilaku yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40069.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sekolah menengah Pertama,kurikulum,pelajaran sejarah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Dec 2016 07:48
Last Modified: 07 Feb 2019 03:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item View Item