Kepuasan Supervisi sebagai Mediator antara Kepuasan Gaji dan Kepuasan Promosi Terhadap komitmen Afektif Karyawan di PT. UNISEM Kawasan Industri Batamindo Kota Batam

Eldi, (2012) Kepuasan Supervisi sebagai Mediator antara Kepuasan Gaji dan Kepuasan Promosi Terhadap komitmen Afektif Karyawan di PT. UNISEM Kawasan Industri Batamindo Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41048.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Komitmen keorganisasian yang rendah serta tingginya tingkat turnover yang ditimbulkan oleh ketidakpuasan kerja memberikan dampak negatif kepada organisasi. Kondisi ini akan menimbulkan dampak finansial dan dampak moral. Biaya perekrutan dan biaya pelatihan yang tinggi serta turunnya motivasi dan produktifitas karyawan dapat menggangu organisasi dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan untuk memberikan nilai-nilai (values) kepada pelanggan agar dapat terus mempertahankan kemampuan bersaing (competitive advantage). Secara lebih spesifik, penelitian ini mengkaji variabel dimensi-dimensi kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian dimana kekuatan dari penelitian ini terletak pada peran kompensasi non-keuangan sebagai mediator antara kompensasi keuangan terhadap komitmen afektif atau peran variabel mediator dalam mempengaruhi hubungan variabel eksogen dan variabel endogen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kepuasan gaji, kepuasan promosi terhadap komitmen afektif melalui variabel kepuasan supervisi. Sampel yang digunakan sebanyak 118 responden, dan analisis data menggunakan Model Persamaan Struktur atau SEM (Structural Equation Modeling) dengan program AMOS versi 20. Perubahan kepuasan supervisi dipengaruhi oleh kepuasan gaji dan kepuasan promosi secara simultan atau bersama-sama sebesar 35,6%, sedangkan sisanya sebesar 64,4% perubahan kepuasan supervisi dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar model ini. Untuk variabel komitmen afektif, perubahan dipengaruhi oleh kepuasan gaji, kepuasan promosi dan kepuasan supervisi secara simultan atau bersama-sama sebesar 37,1%, sedangkan sisanya sebesar 62,9% perubahan komitmen afektif karyawan dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar model ini. Dari semua analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa semua indikator untuk variabel kepuasan gaji, kepuasan promosi, kepuasan supervisi dan komitmen afektif adalah valid. Semua loading factor (λ) dari model persamaan struktur adalah valid. Regression weights pengaruh kepuasan gaji dan kepuasan promosi terhadap kepuasan supervisi dan kepuasan supervisi terhadap komitmen afektif karyawan adalah signifikan. Kepuasan gaji, kepuasan promosi dan kepuasan supervisi secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap komitmen afektif dengan C.R=2,335 pada probabilitas 0,020. Penelitian ini telah menghasilkan suatu kesimpulan yang meyakinkan bahwa organisasi bisa mengoptimalkan peran peran supervisor atau atasan langsung untuk mempertahankan kepuasan karyawan terhadap kompensasi finansil pada saat organisasi dalam masa kesulitan keuangan sehingga komitmen afektif karyawan bisa dipertahankan dan sekaligus niat untuk keluar bisa diminimalisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41048.pdf
Uncontrolled Keywords: pay satisfaction, promotion satisfaction, supervisory satisfaction and affective commitment, kepuasan gaji, kepuasan promosi, kepuasan supervisi dan komitmen afektif
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:43
Last Modified: 26 Jul 2018 01:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item