Pengaruh Metode Diskusi, Ceramah Dan Proyek Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Dl DKI Jakarta

Harahap, Amir (1982) Pengaruh Metode Diskusi, Ceramah Dan Proyek Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Dl DKI Jakarta. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40057.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (90MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab tiga masa1ah pokok, yakni: (1) sejauh manakah pengaruh metode mengajar diskusi, ceramah dan proyek terhadap hasil belajar siswa, (2) metode manakah yang paling berhasil dari ke tiga metode tersebut terhadap hasil belajar siswa mengenai sejarah Indonesia, dan (3) metode manakah yang paling berhasil di antara ke tiga metode tersebut untuk mengungkapkan pengetahuan abstraksi, pengetahuan fakta dan kemampuan aplikasi. Permasa1ahan di atas dijawab melalui eksperimen dengan menggunakan nilai rata-rata keberhasilan belajar siswa mengenai sejarah Indonesia. Disain penelitian yang dipakai adalah disain blok acak sempurna dengan memperhatikan adanya sumber variasi blok, korelasi hasil awal dan akhir, pengaruh metode, pengetahuan dan kekeliruan lainnya. Eksperimen di1akukan terhadap sembilan SMA Negeri di DKI Jakarta, yang untuk tiap metode mengajar diambil tiga kelas. Pengambilan SMA, kelas dalam SMA dan penugasan guru dilakukan secara acak. Berdasarkan disain dan model yang dipilih maka pertama-tama dilakukan uji ANAKOVA, kemudian uji perbandingan dengan menggunakan metode Newman-Keuls. Dalam beberapa segi dilakukan juga uji kenormalan, uji t dan uji F. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1. Keberhasilan metode diskusi dalam mengungkapkan pengetahuan sejarah secara umum, tanpa memperhatikan abstraksi, fakta dan aplikasi, sama berhasilnya dengan metode ceramah; dalam pada itu metode diskusi dan ceramah lebih berhasil dari pada metode proyek. 2. Untuk mengungkapkan pengetahuan abstraksi lebih baik menggunakan metode diskusi dari pada metode ceramah atau proyek. 3. Untuk mengungkapkan pengetahuan fakta lebih baik menggunakan metode ceramah dari pada metode diskusi atau proyek. 4. Untuk mengungkapkan kemampuan aplikasi lebih baik menggunakan metode proyek dari pada metode diskusi atau ceramah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40057.pdf
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 100-109 Philosophy (Filsafat) > 109 Historical and Collected Persons Treatment (Sejarah Filsafat Tanpa Batas Waktu dan Tempat)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Jan 2017 09:33
Last Modified: 09 Feb 2017 04:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item