Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidik Misi Masa Registrasi 2016.1

Prayekti, and Budiman, Muman Hendra and Budi, Untung Laksana (2016) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidik Misi Masa Registrasi 2016.1. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tutorial merupakan proses pemberian bantuan dan bimbingan belajar dari seseorang kepada orang lain baik secara perorangan maupun kelompok, pemicu dan memacu proses belajar mahasiswa. Diharapkan mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk belajar, mengamati, berfikir, bersikap dalam mempelajari substansi mata kuliah dengan baik. Tutorial memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan belajar mahasiswa, bila tutor berperan sebagai fasilitator kegiatan belajar dari pada sebagai pengajar. Sementara mahasiswa yang baik dalam tutorial adalah mereka yang telah memiliki kesiapan untuk belajar dengan upaya mengkaji modul sebelumnya, ikut sertanya dalam tutorial adalah untuk memperdalam dan mempertajam kemampuannya. Program Bidik Misi adalah program pemerintah yang memberikan peluang bagi siswa lulusan SLTA yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar tetapi tidak memiliki kemampuan ekonomi yang memadai, yang diambil dari berbagai pelosok negeri di seluruh Indonesia. Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Hal tersebut berpengaruh kepada hasil belajar yang diperolehnya. Sampel penelitian adalah mahasiswa bidik misi terdaftar di empat UPBJJ Semarang, Ambon, Pekanbaru dan Ternate. Hasil yang diperoleh bahwa mahasiswa bidik misi telah dapat belajar mandiri dalam memahami modul-modul UT dan berhasil memperoleh nilai A untuk beberapa mata kuliah yang ditutorialkan dan tutorial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa bidik misi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-13.pdf
Uncontrolled Keywords: Bidik Misi, Tutorial, UPBJJ, Belajar Mandiri, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374 Adult Education (Pendidikan untuk Orang Dewasa)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:53
Last Modified: 20 Mar 2017 05:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item