Chandrawati, Titi and Prabowo, Suryo (2016) Peranan Dialog Dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST1-24.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dialog dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPJJ) merupakan bentuk komunikasi antara pemelajar dan pembelajar yang dapat terjadi melalui berbagai cara. Seperti yang diuraikan oleh Moore & Kearsley (2012) bahwa kegiatan pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh membutuhkan bantuan media dan pengelolaan secara khusus. Tujuan penulisan makalah ini, untuk memberikan kesadaran akan pentingnya aspek dialog dalam proses pembelajaran pada SPJJ sehingga dapat menentukan kecepatan penyerapan materi oleh pemelajar. Didasarkan atas disertasi mengenai peranan dialog dalam SPJJ yang diterapkan di Universitas Terbuka (UT), melalui pendekatan konseptual deskriptif, akan diuraikan tentang konsep SPJJ dan berbagai model dialog dalam SPJJ. Di akhir, rekomendasi untuk para perancang pembelajaran melalui SPJJ, agar dalam menyiapkan berbagai media dan sumber pembelajaran melalui SPJJ juga memunculkan format dialog dalam berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan pemelajar dan pembelajar. Kata Kunci:
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST1-24.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Dialog dalam SPJJ, Model Dialog dalam SPJJ, pemelajar, pembelajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 08:12 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 08:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6498 |
Actions (login required)
View Item |