Pemanfaatan Massive Open Online Courses: Orangtua Sebagai Pembimbing Anak Usia Dini Seni Berbahasa Melalui Kuliah Daring

Aji, Kristina Anugerah (2016) Pemanfaatan Massive Open Online Courses: Orangtua Sebagai Pembimbing Anak Usia Dini Seni Berbahasa Melalui Kuliah Daring. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Bahasa yang digunakan sehari-hari dapat mengungkapkan kepribadian seseorang. Berkomunikasi dalam keluarga dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tentu akan bermanfaat kelak bagi anak dalam mengembangkan struktur berpikir yang sistematis yang terwujud dalam pikiran, perasaan dan tindakan. Bahasa sebagai alat komunikasi ini tidak terlepas dari unsur seni, termasuk di dalamnya meliputi seni berbicara, menyimak, membaca maupun menulis. Lingkungan yang paling dominan sebelum seorang anak dapat bersosialisasi sebagai mahluk sosial adalah keluarga. Sebagai awalnya, orangtua adalah orang terdekat yang membantu anak mempelajari seni berbahasa. Ketika anak memasuki usia dini, maka ia juga akan belajar dalam lingkungan sekolah. Perkembangan ketrampilan khususnya berbahasa akan mempengaruhi pola pikir dan tuturnya semasa sekolah. Untuk itu, diperlukan sarana belajar yang sesuai dalam membimbing anak agar terampil dalam seni berbahasa. Keterbatasan akan waktu dan pengetahuan orangtua dalam membimbing anak agar terampil berbahasa menjadi kendala tersendiri. Dengan adanya sumber-sumber belajar terbuka yang terdapat dalam MOOCs, diakses dengan mudah dan fleksibel, maka orangtua maupun guru akan berkesempatan memperoleh pengetahuan yang lebih luas dalam membimbing anak usia dini khususnya seni berbahasa. MOOCS adalah kuliah daring yang bertujuan menyediakan akses terhadap pengetahuan secara global, dan massal. Sebagai sarana pembelajaran terbuka, MOOCs bebas diakses oleh setiap lapisan masyarakat. Pemanfaatan MOOCs ini nantinya diharapkan akan memberi dampak peningkatan kemampuan pola berpikir anak melalui tutur bicara dan membentuk kepribadian yang terbuka, mandiri dan cakap dalam kehidupan sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST3.pdf
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Seni Berbahasa, Kuliah Daring
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.4 Reading (Membaca, Belajar Membaca)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:57
Last Modified: 21 Mar 2017 01:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item