Ginting, Ginta (2014) The Power of Consumer Community: Open Innovation Melalui Co-Creation Value Sebagai Langkah Strategis Mempertahankan Survival Bisnis. In: Conference on Management and Behavioral Studies: "Understanding Indonesian Consumers", 29 Oktober 2014, S1 Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Taruma Negara, Jakarta.
|
Text
20141029-artikel.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
20141029-prosiding.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
20141029-bukuacara.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
|
|
Image
20141029-sertifikat.jpg - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives. Download (888kB) | Preview |
Abstract
Munculnya kekuatan ckonomi middle income bcrdampak pada mcningkatnya wants dan expectation terhadap produk/jasa untuk mcmcnuhi kebutuhan kelompok tersebut. Konsumen yang bcrasal dari kelompok middle income di Indonesia sangat besar sekitar 40% dari populasi Indonesia. Kondisi tersebut dapat menggambarkan besarnya peluang pasar yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha. lnovasi menjadi komponen penting untuk dapat menghasilkan value proposition yang lebih baik dari pesaing. Peluang tersebut sejalan dengan perubahan paradigm pemasaran yaitu Service Dominant Logic (SDL),yang telah mcndorong berkembangnya strategi pemasaran co-creation dimana pcrusahaan dapat melibatkan konsumen untuk ikut aktif mengembangkan produk baru dan dcsain. Sehingga inovasi dalam kaitannya dcngan pengembangan produk baru lebih ditekankan pada "put the customer at the center of innovation". lnovasi yang dilakukan pcrusahaan menjadi open innovation. Middle income power mendorong berkembangnya consumer community (online dan offline) menjadi fenomena baru yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha agar open innovation menjadi basis value creation dapat dioptimalkan. Memanfaatkan consumer community dapat mcnjadi stratcgi scgmentasi yang tepat dengan mcmbangun connection yang bersifat tisikal, intelcktual dan cmosional. Kolaborasi menjadi basis penting sehingga antara pcrusahaan dan komunitas konsumen memiliki kesamaan tujuan. nilai dan identitas. Paper ini mcngetengahkan permodelan konseptual untuk mcnginvcstigasi lcbih mcndalam bagaimana connection yang tcrbentuk melalui consumer community dapat mendorong open inovasi yang berdampak pada penciptaan value proposition perusahaan. Permodelan ini juga memperhitungkan aspek experience dan collaboration agar terjadi sharing knowledge/resource secara intensi f dalam komunitas. Konsep permodelan yang diajukan dapat menjadi dasar dalam pengcmbangan studi cmpiris, schingga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam menyikapi fenomena berkembangnya consumer community scbagai a new basis of co-creation value.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | ISBN 978-602-71601-0-1 |
Uncontrolled Keywords: | consumer community, co-creation value, open innovation, collaboration, brand community |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior (Perilaku Konsumen) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 03:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 03:48 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6662 |
Actions (login required)
View Item |