Implementasi Kebijakan Pendidikan Non Formal Dalam Menuntaskan Buta Aksara: Studi Tentang Program Kelompok Belajar (Kejar) Paket A Pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Di Kabupaten Sintang

Syahdan, (2012) Implementasi Kebijakan Pendidikan Non Formal Dalam Menuntaskan Buta Aksara: Studi Tentang Program Kelompok Belajar (Kejar) Paket A Pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Di Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40922.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup masalah dalam penelitian ini adalah mengenai implementasi kebijakan pendidikan non formal khususnya Program Paket A pada Sanggar Kegiatan Belajar dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Sintang. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan non formal melalui Program Paket A pada Sanggar Kegiatan Belajar dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Sintang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Pelaksanaan Program Paket A pada Sanggar Kegiatan Belajar dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Sintang, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Program Paket A pada Sanggar Kegiatan Belajar dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Sintang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang, Pegawai pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang, Warga masyarakat peserta pendidikan non formal pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sintang. Dari hasil penelitian diketahui, prosedur dan tata cara implementasi kebijakan pendidikan non formal melalui Program Paket A pada Sanggar Kegiatan Belajar dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Sintang belum berjalan secara optimal. Indikasi hal tersebut adalah: (1) proses perencanaan yang dilakukan melalui beberapa tahapan belum terlaksana sebagaimana mestinya. (2) Penganggaran yang dianggarkan dalam APBD Kabupaten Sintang setiap tahunnya serta bersumber dari dari dana lain seperti DAK, APBD Provinsi dan APBN masih belum memadai. (3) Pengendalian dan evaluasi tidak terlaksana secara efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pendidikan non formal melalui Program Paket A pada Sanggar Kegiatan Belajar dalam menuntaskan buta aksara di Kabupaten Sintang dari aspek Kejelasan Standar Dan Tujuan diketahui belum semua pihak memahami dan mengerti Kejelasan Standar Dan Tujuan program Paket A. Dari aspek sumber daya yang diperlukan diketahui Penganggaran dalam implementasi kebijakan pendidikan non formal khususnya Program Paket A dianggarkan dalam APBD Kabupaten Sintang setiap tahunnya serta bersumber dari dana lain seperti DAK, APBD Provinsi dan APBN, untuk sumber daya manusia, petugas dianggap kurang mampu menggerakkan, mengaktifkan, mendorong, dan mengembangkan motivasi warga untuk bertindak dalam pelaksanaan kebijakan Program Paket A. Dari aspek komunikasi, sosialisasi belum berjalan sebagaimana diharapkan. Dari kondisi sosial ekonomi terkait karena beberapa faktor diantaranya faktor waktu. Penduduk yang terkendala waktu untuk sekolah, seperti pengrajin, buruh, dan pekerja lainnya. Mereka adalah penduduk, yang di antara karakteristik mereka adalah: menghabiskan waktu mereka untuk bekerja, waktu kosong hanya pada hari sabtu dan minggu atau hari-hari libur lainnya, cenderung kurang memperhatikan pentingnya belajar karena sudah memiliki penghasilan, motivasi belajar rendah, karena prioritas hidup mereka adalah bekerja untuk mencari nafkah, mampu memenuhi kebutuhan hidup minimal melalui penghasilan yang diperoleh dari pekerjaannya, dibebani tanggungjawab membantu ekonomi keluarga. Guna mendukung proses implementasi kebijakan program paket a, maka beberapa hal dapat diupayakan sebagai berikut: melakukan bimbingan dan penyuluhan berupa kampanye Dikdas, membentuk SD dan SMP satu atap. Masyarakat diharapkan juga terlibat dalam control/pengawasan, penilaian serta dalam pengambilan keputusan terhadap pelaksanaan kebijakan Program Paket A.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40922.pdf
Uncontrolled Keywords: non formal education, package a program, implementasi, pendidikan non formal, program paket a
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.2 Miscellany of Education (Aneka Ragam tentang Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:06
Last Modified: 02 Aug 2016 08:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item