Pengaruh Kompetensi Guru Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Di Kabupaten Timor Tengah Utara

Sau, Hilarius (2010) Pengaruh Kompetensi Guru Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42490.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kompetensi guru terhadap kinerjanya, iklim organisasi terhadap kinerja guru serta mendeskripsikan pengaruh kompetensi guru dan iklim organisasi sekolah secara bersama sama terhadap kinerja pada guru SMA di kabupaten Timor Tengah Utara. Fokus penelitian ini pada dua variabel independen kompetensi guru (XI) dan iklim organisasi sekolah (X2) serta variabel dependennya adalah kinerja guru (Y). Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Iklim organisasi sekolah mencakup standar organisasi, struktur organisasi, tanggungjawab,penghargaan dan komitmen. Kinerja guru sebagai prestasi ketja yaitu semua hasil yang dicapai guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah yang salah satunya tercermin dalam pencapain Nilai Ujian Nasional mumi peserta didik. Berdasarkan data hasil perhitungan dalam penelitian ini ketahui bahwa koefisien korelasi antara variabel kompetensi guru dan variabel kinetja guru sebesar 0,766 dan dkategorikan sebagai tingkat hubungan yang kuat. Koefisien determinasi 0,5867 atau 58, 67%. Ini berarti bahwa secara parsial kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru adalah sebesar 58,67% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Data hasil perhitungan ini juga diketahui bahwa koefisien korelasi antara variabel iklim organisasi sekolah dan variabel kinerja guru sebesar 0,623 dan dikategorikan sebagai tingkat hubungan yang kuat. Koefisien determinasi 0,38812 atau 38, 81%. Iklim organisasi berpengaruh secara positip dan signifikan terhadap kinetja guru_ sebesar 38,81% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan ini ketahui pula bahwa koefisien korelasi ganda antara variabel kompetensi guru, iklim organisasi sekolah dan variabel kinetja guru sebesar 0, 7805 dan dikategorikan sebagai tingkat hubungan yang kuat. Koefisien deterrninasi 0,609 atau 60, 9%. Dengan demikian maka secara bersama-sama Kompetensi guru dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru adalah sebesar 60,90% dan sisanya 39,10% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42490.pdf
Uncontrolled Keywords: Competency, Organizational Climate, and Teacher's Performance, Kompetensi, lklim Organisasi, dan kinerja guru
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 May 2017 03:13
Last Modified: 04 Jun 2017 11:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6712

Actions (login required)

View Item View Item