Pelaksanaan Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Upaya Menumbuhkan Motivasi Kerja Guru di SMA Negeri 01 Mukumuko

Novariani, Tri (2016) Pelaksanaan Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Upaya Menumbuhkan Motivasi Kerja Guru di SMA Negeri 01 Mukumuko. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42206.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara empirik mengenai pelaksanaan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam upaya menumbuhkan motivasi kerja guru di SMA Negeri 01 Mukomuko. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Unit analisis adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SMA Negeri 01 Mukomuko yang diperoleh melalui wawancara. Analisfa data dilakukan dengan membuat deskriptif hasil wawancara dalam bentuk paparan naratif. Penelitian ini menemukan hasil: Pertama, penerapan kepemimpinan partisipatif dalam upaya menumbuhkan motivasi kerja guru dilakukan dengan pendekatan partisipatif terhadap berbagai persoalan clan bersedia memperbaiki posisi dalam stuktur organisasi yang telah terbentuk, penentuan kebijakan mempertimbangkan saran dan masukan dari membantu perkembangan kepemimpinan yang sedang tumbuh, melakukan kerjasama dengan pihak guru, serta melibatkan guru dalam proses pengambilan keputusan. Pada intinya penerapan kepemimpinan partisipatif menitik beratkan pada pemberdayaan guru. Kedua, peningkatan motivasi kerja guru dilakukan kepala sekolah dengan memperhatikan dimensi internal dan ekstemal. Untuk memotivasi internal dilakukan dengan pemberian tanggung jawab yang sesuai kemampuan, pemberian tugas sesuai kemampuan, tugas yang diberikan memiliki tujuan yang jelas clan menantang, memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan guru, menciptakan rasa senang dalam bekerja, dan mendorong guru untuk berprestasi. Motivasi eksternal dilakukan dengan cara: berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kebutuhan kerja guru, memberikan pujian dari apa yang dikerjakan guru, memberikan insentif kepada guru dan memberikan perhatian kepada guru. Ketiga, stategi yang digunakan dalam meningkatkan motivasi kerja guru dengan peningkatan kesejahteraan guru, meningkatkan mutu guru, merekrut guru terbaik untuk mengisi posisi stuktur organisasi, pengembangan karier guru, komunikasi dengan pendekatan partisipatif, melakukan pengaturan-pengaturan seperti lingkungan fisik, suasana kerja, disiplin dan pemberian dorongan. Berdasarkan temuan-temuan di atas dapat disimpulkan bahwa jika kepemimpinan partisipatif diterapkan di SMA Negeri 01 Mukomuko didukung dengan komunikasi yang efektif dan strategi yang tepat maka motivasi kerja guru di SMA Negeri 01 Mukomuko akan tumbuh dan meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42206.pdf
Uncontrolled Keywords: leadership, participation, motivation, kepemimpinan, partisipatif, motivasi kerja
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:48
Last Modified: 28 Feb 2019 03:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6757

Actions (login required)

View Item View Item