Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Utara

Zega, Atisama (2015) Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42298.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru atau hasil kerja merupakan sesuatu yang dicapai oleh guru dalam melakukan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas keahlian, kemudian pengalaman dan keunggulan serta penggunaan waktu. Masalah yang terjadi di SMP di Lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Utara, antara lain: banyak guru tidak ada keinginan untuk mengikuti pelatihan, ada juga guru mengikuti pelatihan tidak tepat sasaran dimana pelatihan yang diikuti tidak sesuai dengan kualifikasi akademik yang dia miliki, guru belum tepat waktu clalam bertugas, sering datang terlambat dan pulang belum waktunya,Ada juga guru yang mengikuti pelatihan tetapi kadang materi yang disampaikan tidak tersampaikan dengan detail kepada guru yang mengikuti pelatihan. Pada tahun 2011, seorang guru di SMP Negeri 3 Gunungsitoli Utara diberhentikan dari PNS sebagai guru dikarenakan tidak menjalankan disiplin yaitu tidak hadir melaksanakan tugas sebagai guru dan sudah beberapa kali diberikan surat panggilan namun tidak memenuhi panggilan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis pengaruh pelatihan dan disipilin terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS di SMP di Lingkungan UPTD Pendidikan berjumlah 52 orang dan seluruhnya digunakan menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis regresi pada tingkat kepercayaan 5%, dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan disiplin secara serempak berpengaruh positif dan signifkan terhadap kinerja guru di SMP di Jingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Utara. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa pelatihan dan disiplin secara serempak berpengaruh positif dan signifkan terhadap kinerja guru di SMP di lmgkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Utara, Dari hasil uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,651 yang berarti 65,1% variabel kinerja dapat dijelaskan oleh variabel pelatihan dan disiplin dan sisanya sebesar 44,9°/o dapat dijelaskan oleh variabel Iain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42298.pdf
Uncontrolled Keywords: Training, Discipline and Teacher Performance, Pelatihan, Disiplin dan Kinerja Guru
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jul 2017 02:04
Last Modified: 14 Jul 2017 02:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6784

Actions (login required)

View Item View Item