Kinerja Birokrasi Pelayanan Program Beras Untuk Rumah Tangga Miskin (RASKIN) Di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen

Aini, Nurul (2015) Kinerja Birokrasi Pelayanan Program Beras Untuk Rumah Tangga Miskin (RASKIN) Di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Penyaluran Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin) merupakan program pemerintah yang dilaksanakan di bawah tanggung jawab Departemen Dalam Negeri dan Perum Bulog sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dengan Direktur Utama Perum Bulog Nomor: 25 Tahun 2003 dan Nomor: PKK-12/07/2003, yang melibatkan instansi terkait, Pemerintah Daerah dan masyarakat dengan harapan dapat mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja birokrasi pelayanan Program Raskin di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Menggunakan metode kualitatif dengan sasaran penelitian Tim Koordinasi Raskin Kecamatan, Pelaksana Distribusi Raskin di Desa!Kelurahan serta Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin. Informan penelitian adalah pelaksana birokrasi pelayanan serta Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat melalui Program Raskin di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen sebagai sumber pengumpulan data dan pengetahuan tentang permasalahan penelitian yang akan dikaji. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara berupa daftar pertanyaan. Metode analisis data merupakan kegiatan mengorganisasikan data ke dalam susunan tertentu dalam rangka menginterpretasikan data sesuai dengan susunan sajian data yang dibutuhkan untuk menjawab masing-masing masalah yang pada akhirnya di interpretasikan atau disimpulkan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kinetja birokrasi pelayanan Program Raskin di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen memiliki basil yang berbeda dari setiap indikatomya. lndikator Tepat Sasaran Penerima Manfaat, Tepat Jumlah dan Indikator Tepat Kualitas belum terlaksana dengan baik. Sedangkan Indikator Tepat Harga, Tepat Waktu, serta Indikator Tepat Administrasi sudah terlaksana dengan baik. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi pelaksanaan birokrasi pelayanan publik melalui Program Raskin di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen terdiri dari faktor internal dan faktor ekstemal. Faktor internal terdiri dari Sumber Daya Manusia,fasilitas atau sarana, wewenang dan informasi. Sedangkan faktor ekstemal terdiri dari Proses Penyaluran Raskin dan masyarakat (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42024.pdf
Uncontrolled Keywords: Birocration Working Aplication Service, The Rice Program To The Poor Family (Raskin),Kinerja Birokrasi Pelayanan , Program Beras Untuk Rumah Tangga Miskin (Raskin).
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.5 Problems and Services to The Poor (Permasalahan dan Layanan kepada Orang Miskin, Kemiskinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Apr 2016 01:22
Last Modified: 14 Apr 2016 01:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item