Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri 10 Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah

Ratna, (2014) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri 10 Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41708.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial berrnasyarakat dan berorganisasi. Dalam usahanya untuk berrnasyarakat, maka manusia berkelompok atau organisasi. Bila dalam mempengaruhi dan menggerakkan usaha bersama dalam rangka mencapai sesuatu tujuan yang telah ditetapkan, maka ia disebut pimpinan. Sebuah sekolah adalah organisasi yang kompleks dan unik. Oleh sebab itu sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi sekolah (Kepala Sekolah), dapat dikatakan berhasil apabila tercapainya tujuannya sekolah, serta tujuan dari individu yang ada di dalam lingkungan sekolah. Salah satu faktor utama yang sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidik adalah keefektifan kerja guru. Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya adalah I). Bagaimanakah kinerja guru pada SD Negeri 10 Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah?,2) Apa upaya yang dilakukan kepala sekolah SD Negeri 10 Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah dalam meningkatkan kinerja guru?, 3) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 10 Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah dalam meningkatkan kinetja guru, 4) Apa dampak yang ditimbulkan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 10 Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fcnomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang di himpun penelitian adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel, dan sejenisnya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa ( 1) kinerja guru sebagai seorang guru yang professional sudah memenuhi kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, (2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ialah memotivasi guru, mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihanldiklat, mengedepankan kedisiplinan baik guru atau murid, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi (partisipatif). Namun dalam situasi dan kondisi tertentu menuntut untuk bersikap lain (otoriter), (3) dampak yang ditimbulkan ialah kelengkapan guru dalam menyiapkan bahan ajar (RPP) meningkat, kelengkapan media misalnya buku, mushola. kekompakan guru dalam masalah, kerja guru meningkat karena adanya motivasi dari kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41708.pdf
Uncontrolled Keywords: Principal's leadership style in improving teacher performance, Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:50
Last Modified: 01 Aug 2019 02:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item