Pengaruh Pengetahuan Pemanfaatan Dan Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Efektivitas Peningkatan Kualitas Sekolah Pada Sekolah Dasar Dl Upt Pendidikan Bojong Kab. Pekalongan

Sumarwati, (2015) Pengaruh Pengetahuan Pemanfaatan Dan Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Efektivitas Peningkatan Kualitas Sekolah Pada Sekolah Dasar Dl Upt Pendidikan Bojong Kab. Pekalongan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42731.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Program BOS diluncurkan pemerintah dalam rangka mendukung suksesnya pembelajaran di sekolah dasar yakni meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan. Suatu pertanyaan besar apakah dengan hadirnya BOS efektivitas peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar benar-benar labir dan tumbuh. Penggunaan atau pemanfaatan dana BOS di sekolah harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersarna antara tim manajemen. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh tingkat pengetahuan pemanfaatan dana BOS dan manajemen dana BOS terhadap efektivitas peningkatan kualitas sekolah. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 SD pada UPT Pendidikan Bojong Kab.Pekalongan. V ariabel independen yaitu pengetahuan pemanfaatan dana BOS (X1) dan manajemen dana BOS (X2) serta variabel dependen efektivitas peningkatan kualitas sekolah (Y). Data diambil kuisioner dan dilengkapi dengan wawancara, dan diolah dengan analisis deskriptif dan uji pengaruh regresi. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan Pengetahuan (X1),manajemen (X2) serta efektivitas (Y) berturut-turut memiliki rata-rata 3,8; 3,9;dan 3,9, menunjukkan semuanya berkriteria baik. Hasil uji hipotesis menggunakan regresi diperoleh Y = -47,202 + 0,439 X I + 0,597 X2 teruji linier,dengan besar pengaruh 86,4%, artinya pengetahuan dan manajemen para kepala sekolah memberi kontribusi secara bersama-sama terhadap efektivitas kualitas sekolab sebesar 86,4%. Sedangkan masing-masing besar pengaruh Xl dan X2 terhadap Y adalah 78,5% dan 77,6%. Dari hasil wawancara, didapatkan hasil bahwa Penggunaan dana BOS berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa efektivitas kualitas sekolah akan diperoleh secara optimal apabila diduk:ung dengan dana BOS dimana pemanfaatannya lebih dipengaruhi utamanya oleh pengetahuan Kepala Sekolab tentang peruntukan sesui aturan, serta didukung oleh bagaimana manajemen penggunaan dana BOS diatur dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42731.pdf
Uncontrolled Keywords: Knowledge, Management, Quality Improvement of School,Efectivity, Dana BOS, Pengetahuan, Manajemen, Peningkatan Kualitas Sekolah, Efektivitas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 379.1 Education Budget (Anggaran Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:48
Last Modified: 14 Dec 2017 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7116

Actions (login required)

View Item View Item