Pengaruh Self-Esteem, Kematangan Emosi Dan Kematangan Sosial Perawat Dan Tenaga Medis Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Di Rumah Sakit SOS Tembagapura

Sinaga, Hadungdungan (2015) Pengaruh Self-Esteem, Kematangan Emosi Dan Kematangan Sosial Perawat Dan Tenaga Medis Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Di Rumah Sakit SOS Tembagapura. Doctoral thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42740.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perubahan di lingkungan internal dan eksternal rumah sakit masa kini dan masa yang akan datang terjadi sangat cepat, terutama permintaan masyarakat dalam hal kualitas pelayanan jasa rumah sakit. Pertumbuhan kelas menengah yang cepat berbanding langsung dengan kebutuhan layanan kesehatan yang bermutu.Penilaian mutu atas jasa pelayanan kesehatan yang pada zaman dahulu biasanya menjadi ranah yang dimiliki oleh pengelola rumah sakit itu sendiri. Saat ini ranah penilaian tersebut menjadi hak konsumen. Konsumen memiliki tata nilai sendiri terhadap layanan yang diterimanya. Berbicara mengenai jasa layanan pasien di sebuah rumah sakit tentu kita harus melihat dari dua faktor yang berpengaruh pada kualitas pelayanan tersebut yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor ekternal meliputi hal-hal di luar rumah sakit seperti pertauran pemerintah, kondisi lingkungan, akses ke rumah sakit, penyandang dana dan lain-lain. Faktor internal meliputi fasilistas, dan sumber daya manusia rumah sakit tersebut. Penelitian ini difokuskan pada faktor internal yaitu pada sumber daya manusia, dengan asumsi bahwa rumah sakit SOS yang melayani karyawan PT. Freeport Indonesia sudah memenuhi faktor-faktor eksternal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis pengaruh penghargaan diri, kematangan emosi dan kematangan sosial terhadap kualitas pelayanan pada pasien di Rumah Sakit SOS Tembagapura Papua melalui metode explentory dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat dan bidan di Rumah Sakit SOS Tembagapura Papua. Sampel penelitian ini berjumlah 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang positif dari penghargaan diri, kematangan emosi dan kematangan sosial terhadap kualitas pelayanan pada pasien. Sedangkan secara parsial variabel penghargaan diri variabel kematangan emosi, dan variabel kematangan sosial juga berpengaruh terhadap kualitas layanan terhadap pasien. Variabel kematangan emosi adalah variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kualitas layanan pada pasien.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 42740.pdf
Uncontrolled Keywords: Emotional Maturity, Quality Service Towards Patients, Social Maturity, Self-esteem, Kematangan Emosi, Kematangan Sosial, Self-esteem, dan Kualitas Pelayanan Pada Pasien
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 152.4 Emotions and Feeling (Emosi dan Perasaan)
600 Technology and Applied Sciences > 610-619 Medical and Medicine Science (Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 610.73Nursing and Services of Medical Technicians and Assistants (Perawat dan Teknisi Asisten Layanan Medik)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:19
Last Modified: 14 Feb 2018 04:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7239

Actions (login required)

View Item View Item