Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes

Eros, Endy (2013) Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41466.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

KineIja Guru SMP Negeri di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes menurun, hal ini ditandai : kemampuan menyusun program masih ketergantungan guru lain, belum melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar secara maksimal, kemampuan memberikan penilaian hasil belajar yang kurang obyektif, ketidak adilan dalam memberikan penilaian, kemapuan memanfaatkan hasil penilaian yang belum maksimal, kemampuan memberikan umpan balik kepada siswa yang belum secara teratur dan terus menerus, Kinerja menurun dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, paling sedikinya ada dua faktor yaitu faktor motivasi dan kedisiplinan kerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri se- Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Pada tahun pelajaran 2011/2012 selama 3 bulan, yaitu bulan januari 2012 sampai dengan Maret 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda, pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik sampling, yaitu mengambil sebagian populasi sebanyak 155 orang guru dari 255 orang guru. Sedangkan variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, yaitu motivasi kerja guru (XI) dan kedisiplinan kerja guru (X2) dan variabel terikat adalah kinerja guru (Y) Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa I) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Besarya pengaruh 56,9% 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan kerja guru terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh adalah 52,7%, 3) ada pengaruh secara simultan antara motivasi kerja guru dan kedisiplinan kerja guru dengan kinerja guru. Besarnya pengaruh 62,7 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka direkomendasikan: I) para guru untuk lebih meningkatkan motivasinya dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai guru, 2) Kepala Sekolah agar mendukung dan memberikan kesempatan seluasluasnya bagi para guru untuk mengikuti pelatihan dan kursus-kursus agar kompetensi guru meningkat, 3) kepada para peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan dengan factor-faktor lain yang mempengaruhi kineIja guru sehingga menambah wawasan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41466.pdf
Uncontrolled Keywords: motivation, discipline, and teacher's work the aim of the study is to know and analysis, i) the effect of teachers' work motivation to the teachers'performance, 2) the effect of the teachers' work to the teachers' performance, 3)the effect of work motivation and the teacher's work discipline cooperatively to the teachers' performance, motivasi, disiplin kinerja tujuan pcnelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis i) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kineija guru, 2) pengaruh kedisiplinan kerja guru terhadap kinerja guru, 3) pengaruh motivasi kerja dan kedisiplinan keija guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 300.6O rganization and Management (Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:54
Last Modified: 03 Aug 2016 04:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item