Sunarsih, Deetje (2002) Peranan Guru Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Ramah Lingkungan. In: Seminar PLH Kerjasama Hanns Seidel Foundation dan Universitas Terbuka, 30 Juni 2002, Jakarta.
|
Text
L0028-18.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan sumber daya alam yang tidak bijaksana dan tidak memperhitungkan faktor-faktor lingkungan akan menimbulkan masalah yang serius bagi manusia. Dengan dikeluarkannya Undang-undang tentang lingkungan hidup (UU no 4 tahun 1982 yang diperbarui UU no 23 tahun 1997) dan peraturan serta kebijakan yang mengikutinya, diharapkan masyarakat atau warga negara Indonesia menjadi warga negara yang ramah lingkungan. Mengingat pendidikan lingkungan hidup salah satunya dilaksanakan melalui jalur formal atau jalur sekolah, maka guru mempunyai peran yang besar dalam mewujudkan warga negara yang ramah lingkungan. Kata kunci dalam pendidikan lingkungan adalah perubahan sikap dan perilaku untuk berbuat demi lingkungan yang dapat diajarkan melalui berbagai mata pelajaran (intrakurikuler) dan kepramukaan, pecinta alam, lomba karya cipta (ekstrakurikuler).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | L0028_18 |
Uncontrolled Keywords: | guru, PLH, ramah lingkungan |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 04:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 03:59 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7286 |
Actions (login required)
View Item |