Hubungan Tunjangan Profesi dan Motivasi dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Muara Bungo Kabupaten Bungo

Tos, Khalida (2012) Hubungan Tunjangan Profesi dan Motivasi dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Muara Bungo Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1340964.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tunjangan profesi, motivasi, dan kinerja guru pada guru SMA Muaro Bungo Kabupaten Bungo, serta untuk mengetahui hubungan tunjangan profesi dan motivasi secara parsial maupun simultan dengan kinerja guru SMA Muara Bungo Kabupaten Bungo. Penelitian ini termasuk penelitian Ex-PostFacto yaitu penyelidikan secara empiris, dan peneliti tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung, karena perwujudan variabel tersebut pada dasarnya tidak ada manipulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Muara Bungo yang berjumlah 136 orang. Sampel diambil dari populasi dengan menggunakan metode cluster random sampling, dimana dari populasi diambil sebanyak 25% pada tiap SMA di Muara Bungo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi kontingensi untuk melihat hubungan tunjangan profesi dengan kinerja guru, analisis korelasi sederhana untuk melihat hubungan motivasi dengan kinerja guru dan analisis regresi berganda untuk melihat hubungan tunjangan profesi dan motivasi dengan kinerja guru. Hasil analisis korelasi kontingensi menunjukkan bahwa tunjangan profesi memiliki hubungan yang tinggi dengan kinerja guru SMA Negeri di Muara Bungo, dengan koefisien kontingensi sebesar 0,544. Pada hasil analisis korelasi sederhana, nilai koefisien korelasi hubungan motivasi kerja dengan kinerja guru yaitu sebesar 0,506 dengan kategori tingkat hubungan yang tinggi. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa tunjangan profesi dan motivasi kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru. Besarnya hubungan antara tunjangan profesi dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru yaitu sebesar 38,8%, dimana sisanya sebesar 61,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tunjangan profesi dan motivasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru SMA Muara Bungo. Oleh karena itu disarankan supaya meningkatkan kinerja guru melalui sertifikasi guru dan melakukan pemberian tunjangan profesi serta peningkatan motivasi kerja guru dalam mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1340964.pdf
Uncontrolled Keywords: allowances profession, motivation, teacher performance, tunjangan profesi, motivasi, kinerja guru
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.32 Wage and Salary Administration (Administrasi Upah dan Gaji)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:58
Last Modified: 03 Aug 2016 04:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item