Ikhya, Asrul (2016) Pengaruh Remunerasi, Motivasi, dan Disiplin Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Rektorat Universitas Andalas. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
cvr.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh remunerasi/tunjangan kinerja, motivasi, dan disiplin terhadap kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas setelah diterapkannya pemberian remunerasi/ tunjangan kinerja. Instrumen berbentuk kuisioner digunakan sebagai alat untuk mendeteksi respon dari 100 responden yang ditarik secara acak dari 334 populasi tenaga kependidikan di lingkungan Rektorat Universitas Andalas Padang. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Analisis menggunakan software SPSS 22. Variabel yang diteliti adalah remunerasi/ tunjangan kinerja sebagai variabel independen 1 (X1), motivasi sebagai variabel independen 2 (X2), disiplin sebagai variabel independen 3 (X3) dan kinerja tenaga kependidikan sebagai variabel dependen (Y). Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, uji determinasi, uji t, uji F, dan korelasi product momen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa remunerasi/tunjangan kinerja, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas karena Fhitung (31.879) > FiabeI (2,70),dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 48,3%, sedangkan sisanya sebesar 51, 7% dipengaruhi faktor-faktor lain diluar variabel penelitian ini. Sedangkan berdasarkan hasil uji t secara parsial menunjukkan bahwa remunerasi/tunjangan kinerja belum berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas dengan thitung (0,749) < t1abeI (1,66071) dengan koefisien regresi bernilai positif (0,071), motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas dengan thitung ( 5, 799) > tiabeI ( 1,66071) dan koefisien regresi bernilai positif (0,579), disiplin juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas dengan thitung (2,981) > ttabel (1,66071) dan koefisien regresi bernilai positif (0,262). Variabel remunerasi/tunjangan kinerja tidak ada korelasi dengan variabel motivasi, tetapi ada hubungan dengan variabel disiplin, demikian juga variabel motivasi berhubungan dengan variabel disiplin. Disimpulkan bahwa faktor remunerasi/tunjangan kinerja belum berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas,tetapi faktor motivasi dan disiplin mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja tenaga kependidikan Rektorat Universitas Andalas. Oleh sebab itu diharapkan menjadi perhatian pembuat kebijakan untuk perbaikan remunerasi/tunjangan kinerja dalam upaya peningkatan kinerja tenaga kependidikan sehingga tercapai tujuan organisasi Universitas Andalas Padang.
Actions (login required)
View Item |