Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Batang

Purwandari, Erni (2011) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Batang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40703.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) akan berlangsung secara efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, dana yang cukup agar sekolah mampu mengaji staf sesuai dengan fungsinya, sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar, serta dukungan masyarakat (orang tua siswa) yang tinggi baik dalam hal bantuan pemikiran, maupun sumbangan dana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis besarnya pengaruh variabel kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah (MBS) di Kabupaten Batang. Penelitian ini dilakukan terhadap 40 SD Negeri dengan 180 orang guru SD Negeri di Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Data dijaring melalui angket skala berstruktur. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis Regresi berganda dengan menggunakan perangkat SPSS. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) secara deskriptif variabel keberhasilan MBS dalam kategori sangat baik, kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori baik, peran komite sekolah dalam kategori baik, (2) terdapat pengaruh positip kepemimpinan kepala sekolah terhadap keberhasilan MBS sebesar 23,2%. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan peran komite sekolah terhadap keberhasilan MBS sebesar 21,1%. (4) Ada pengaruh pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah secara bersama-sama terhadap keberhasilan MBS sebesar 41,1%. Berdasarkan temuan penelitian itu disarankan secara teoritis menjadi penelitian lanjutan dengan variabel bebas yang berbeda, dan secara praktis kepala sekolah perlu meningkatkan kompetensi kepemimpinannya dan bekerja sama dengan komite sekolah agar keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tetap baik. Peran komite dapat dijadikan suatu rujukan dalam mengelola sekolah melalui indikator-indikator penghubung/mediator, penggerak, koordinator, dan pengusul pada SD Negeri di Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40703.pdf
Uncontrolled Keywords: principal leadership, committee, school-based management, kepemimpinan kepala sekolah, komite, manajemen berbasis sekolah
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:00
Last Modified: 03 Aug 2016 07:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item