Profil Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent-Field Dependent Dan Perbedaan Gender

Cholili, (2016) Profil Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent-Field Dependent Dan Perbedaan Gender. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
cvr42943.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profit penyelesaian masalah matematika ditinjau dari perbedaan gaya kognitif field Independent-field Dependent dan perbedaan gender. Penilaian kreativitas penalaran pemecahan masalah matematika didasarkan pada penilaian penyelesaian masalah yang dibuat subjek penelitian meliputi ernpat aspek penalaran pemecahan masalah matematika, yaitu: memahami masalah (understanding the problem),merencanakan pernecahan rnasalah (devising a plan), melaksanakan rencana pemecahan masalah (carrying out the plan) dan rnerneriksa kembali solusi yang diperoleh (looking back). Kebenaran penyelesaian rnasalah mengacu pada kemampuan siswa mernberi jawaban sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh polya (1973). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rnenggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada kelas X SMA Taman Madya Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek yang diteliti merupakan siswa field Independent laki, field Independent perempuan, field dependent laki, dan field dependent perernpuan dengan kemampuan matematika yang sama. Sujek penelitian 12 siswa yaitu 3 siswa laki-laki field independent,3 siswa perempuan field independent, 3 siswa laki-laki field dependent dan 3 siswa perernpuan field dependent, penentuan subjek penelitian menggunakan GEFT (Group Embedded Figures Test). Subjek diberikan soal tes berupa dua masalah matematika yang setara terkait dengan materi sistem persamaan tinier yang dikaitkan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan. Materi ini didapat saat di SMP, dilanjutkan wawancara berbasis tugas, digunakan triangulasi waktu untuk melihat keabsahan data (valid), selanjutnya data valid dianalisis berdasarkan keempat aspek kreativitas. Hasil penelitian siswa field dependent-field independent dengan mengukur kemarnpuan berpikir dalam penyelesaian masalah matematika tentang jarak, waktu dan kecepatan. Siswa laki-laki dan perernpuan field independent dapat memenuhi ernpat tahapan pemecahan masalah menurut Polya (1973) dengan sernpuma. Siswa laki-laki dan perempuan field dependent memenuhi empat tahapan pemecahan masalah menurut Polya (1973) akan tetapi masih belum sempuma dalam tahapan keempat dari tahapan Polya. Perbedaan kemampuan berpikir dalam penyelesaian jarak, waktu dan kecepatan siswa laki-laki dan perempuan dipengaruhi gaya kognitif field independent - field dependent.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42943.pdf
Uncontrolled Keywords: Intellectual Activity, Mathematical Problem Solving, Cognitive Style, Gender, Penalaran, Pernecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif,Gender
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:56
Last Modified: 25 Sep 2018 07:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7448

Actions (login required)

View Item View Item