Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Smp Negeri 1 Rhee Kabupaten Sumbawa

B, Syamsuddin (2017) Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Smp Negeri 1 Rhee Kabupaten Sumbawa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43024.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimanakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 2) bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ST AD; 3) bagaimana perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe ST AD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan quasi eksperimen (eksperimen semu), artinya mengujicoba suatu model pembelajaran dan membandingkan hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada SMPN 1 Rhee tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas, dengan teknik poogambi1an sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A (sebagai kelas eksperimen Jigsaw) dan VIII-B (sebagai kelas eksperimen STAD. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket skala sikap siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbedaan rerata dengan uji t yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) terdapat peningkatan yang positif dan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hal tersebut ditunjukkan dengan analisis perbedaan rerata hasil pre-test dan hasil post-test kelas Jigsaw diperoleh nilai t hitung = 609,464 sedangkan t tabel = 2,045 (a= 5%, dk = 29), karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima; (2) terdapat peningkatan yang positif dan signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hal tersebut ditunjukkan dengan analisis perbedaan rerata hasil pre-test dan hasil post-test kelas STAD diperoleh nilai t hitung= 499,877 sedangkan t tabel = 2,045 (a= 5%, dk = 29), karena t hitung > t table maka hipotesis penelitian diterima; (3) kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata post-test kelas Jigsaw sebesar 86,70 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas ST AD sebesar 73,99, dan rata-rata N-Gain kelas Jigsaw (0,79 dengan kategori tinggi) lebih tinggi daripada rata-rata N-Ciain kelas ST AD (0,58 dengan kategori sedang), sehingga hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43024.pdf
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, STAD, Berpikir Kritis, critical thinking
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.3 Game Theory Mathematics/Teori Permainan Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:31
Last Modified: 07 Nov 2018 01:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7512

Actions (login required)

View Item View Item