Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi di SMA Negeri 01 Mukomuko)

Ariyanti, Meva (2016) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi di SMA Negeri 01 Mukomuko). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42918.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMA Negeri 01 Mukomuko, (2) Menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 01 Mukomuko, (3) Menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMA Nergeri 0 I Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah 44 orang guru SMA Negeri 01 Mukomuko, dengan sampel populasi total. Dalam penelitian ini juga menentukan nilai rata-rata (mean), median, modus, standar deviasi, tabel distribusi dan diagram frekuensi. Hasil penelitian ini adalah : ( 1) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru sebesar 0,509 atau 50,9 %; (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,382 atau 38,2 % dan (3) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja adalah : pengaruh langsung (indirect effect) = 0,509 atau 50, 9 %, pengaruh tidak langsung (indirect effect) = 0, 194 atau 19,4 % dan pengaruh total (total effect) = 0, 7034 atau 70,34 %. Persamaan Model Substruktumya : Y = 0,509X1 + 0,382X2 + 0,542, artinya kinerja guru sebagai variabel endogen dipengaruhi oleh variabel eksogen komunikasi interpersonal sebesar 50, 9 % dan variabel motivasi kerja sebesar 38,2 %. Faktor-faktor lainnya yang berpengaruh yang berada diluar model penelitian adalah sebesar 54,2 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh variabel komunikasi interpersonal secara langsung 50,9 %, pengaruh variabel motivasi kerja secara langsung 38,2 %, pengaruh komunikasi interpersonal melalui motivasi kerja sebesar 70,34 %, dan pengaruh variabel-variabel lain diluar model terhadap kinerja sebesar 54,2 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42918.pdf
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja, Kinerja Guru dan Analisis Jalur, Interpersonal Communication, Work Motivation, Teacher Performance, Path Analysis
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:40
Last Modified: 12 Nov 2018 02:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7542

Actions (login required)

View Item View Item