Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pencatatan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun

Purnomo, Sunarto Agung Budi (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pencatatan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41703.pdf - Submitted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Maksud dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun. Kualitas pelayanan publik tersebut ditinjau dari indikator tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy juga factorfaktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan public. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. T eknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara kepada informan, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun temyata terdapat kelemahan-kelemahan sehingga belum optimal. Indikator tangibles, belum adanya fasiltas sarana dan prasarana yang nyaman. Indikator reliability, masih terdapat prosedur pelayanan yang tidak sesuai dengan aturan. Indikator responsiveness, daya tanggab petugas yang lambat, terhadap kebutuhan pelanggan, aspek assurance, masih belum tepatnya waktu penyelesian pelayanan, indikator emphaty, perhatian petugas rendah, pelayanan yang diskriminatif. Factor-faktor yang empengaruhi kualitas pelayanan publik adalah minimnya anggaran, minimnya sumber daya manusia, minimnya ketrampilan, kompetensi petugas, dan sistem yang belum berjalan semestinya Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pencatatan nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun agar menambah anggaran, menambah pegawai sesuai kualifikasi pendidikan, meningkatkan skills melalui pendidikan dan latihan atau memberikan pendidikan yang lebih tinggi, melaksanakan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41703.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan publik, pencatatan nikah dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Karimun, quality of public services, registration of marriage in the Religious Affairs Office of Karimun District
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:07
Last Modified: 13 Nov 2018 07:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item View Item