Strategi Pemasaran Rumput Laut di Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara

Lermatan, Lukas (2013) Strategi Pemasaran Rumput Laut di Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41354.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Produksi rumput laut petani dan nelayan di Maluku melimpah, tetapi pemasarannya belum optimal dan terpengaruh fluktuasi harga. Permasalahan ini juga terjadi pada usaha budidaya rumput laut di Kabupaten Maluku Tenggara, khususnya Kecamatan Kei Kecil. Untuk itu analisis dan kajian tentang saluran, fungsi, margin, keuntungan, dan efisiensi pemasaran serta transmisi dan integrasi harga, hingga perumusan strategi-strategi pemasaran.Penelitian ini menggunakan metode survei. Terdiri atas survey descriptive (deskripti fsurvei) dan survey explanatory (eksplanasisurvei). Sampel nelayan pembudidaya rumput laut pada empat desa di Keeamatan Kei Kecil sebagai responden melalui teknik purposive sampling berjumlah 59 responden. Berdasarkan informasi dari nelayan pembudidaya diperoleh sampel pedagang perantara dalam pemasaran rumput laut sebanyak 8 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, saluran pemasaran rumput laut pada empat desa di Kecamatan Kei Kecil terdiri atas saluran pemasaran tingkat satu dan saluran pemasaran tingkat dua; Fungsi pemasaran yang sulit dijalankan oleh seluruh produsen adalah pemodalan atau pembiayaan, penangung resiko, dan informasi pasar. Kemudian pedagang pengumpul sulit menjalankan fungsi pengangkutan, penanggung resiko, sertastandariasi dan grading; Rata-rata margin pemasaran rumput laut pada empat desa di Kecamatan Kei Kecil adalahRp 1.700,-lkg. Rata-rata keuntungan pemasaran yang diterima oleh produsen adalahRp 5.939,-lkg, sedangkan rata-rata keuntungan pedagang pengumpul yang melakukan aktivitas pembelian rumput laut dari keempat desa tersebut adalahRp 1.074,-lkg; Terjadi efisieni pemasaran rumput laut pada empat desa di Keeamatan Kei Kecil; Perubahan harga di tingkat produsen lebih Kecil dari perubahan harga di tingkat konsumen industri atau eksportir, sedangkan struktur pemasaran rumput laut di Kecamatan Kei Kecil adalah tidak terintegrasi sempuma; Strategistrategi pemasaran yang dapat ditempuh adalah peningkatan produksi untuk dapat memenuhi permintaan pasar, peningkatan intensitas program penyuluhan dan pelatihan yang fokus pada aspek pemasaran, peningkatan upaya untuk menambah modal usaha, peningkatan perbaikan proses standarisasi dan grading, penghematan penggunaan biaya usaha, dana dan peningkatan hubungan kerjasama dengan pedagang pengumpul adalah hal yang mutlak dilakukan oleh produsen pembudidaya rumput laut di Kecamatan Kei Kecil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41354.pdf
Uncontrolled Keywords: seaweed, marketing channels, marketing function, margin, profit marketing, marketing efficiency, transmission rates, price integration, marketing strategy, rumput laut, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, margin, keuntungan pemasaran, efisiensi pemasaran, transmisi harga, integrasi harga, strategi pemasaran
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570-579 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579.8 Algae (Ganggang)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Perikanan
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:33
Last Modified: 03 Aug 2016 07:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item