Kinerja Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus di Desa Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah)

Sudimun, (2017) Kinerja Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus di Desa Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43043.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik merupakan kewajiban negara untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasar setiap warga negara dan penduduk dalam kerangka amanat Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemenuhan kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara dimaksud berupa barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif. Kinerja pelayanan publik dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat masih belum memenuhi kebutuhan yang diharapkan, seperti menyangkut prosedur dan mekanisme kerja pelayanan yang berbelit-belit, kurang transparan, kurang informatif kurang akomodatif kurang konsisten, keterbatasan fasilitas, sarana dan prasarana pelayanan, sehingga tidak menjamin kepastian hukum, waktu, dan biaya, bahkan tindakan yang berindikasi penyimpangan. Desa Karang Mulya adalah ibukota dari Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, berada pad a jalan Trans Kalimantan yang dapat menghubungkan lima provinsi di Kalimantan. Desa ini dikelilingi oleh puluhan ribu hektar perkebunan kelapa sawit dan karet dari berbagai perusahaan besar, dan setiap minggu menjadi tempat belanja bagi ribuan pekerja bersama keluarganya dari desa-desa lain. Kepala desa telah menjabat selama dua periode. Ruang lingkup pelayanan publik Pemerintah Desa Karang Mulya dalam penelitian ini adalah pelayanan administratif meliputi pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga); surat pengantar, keterangan, dan/atau rekomendasi meliputi: pindah masuk, pindah keluar, waris, domisili, kelahiran, kematian, pernikahan, perceraian, SKCK (Surat Keterangan Catalan Kepolisian), pertanahan, izin usaha, izin keramaian, IMB (Izin Mendirikan Bangunan), dan sebagainya; serta pelayanan pemberdayaan masyarakat desa Penelitian kinerja kepala desa dalam pelayanan publik dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan realitas sosial atau gambaran kejadian yang berlangsung di Desa Karang Mulya Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan teknis dan peran manajerial Kepala Desa Karang Mulya cukup baik dalam pelayanan publik. Namun pelayanan publik dalam hal pemberdayaan masyarakat desa masih sangat minim. Kinerja Kepala Desa Karang Mulya dalam pelayanan publik adalah baik karena kenyataannya dapat memenuhi harapan masyarakat. Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi kinerja kepala desa dalam pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43043.pdf
Uncontrolled Keywords: kinerja, kepala desa, pelayanan publik, work performance, village head, public services
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Nov 2018 08:46
Last Modified: 19 Nov 2018 08:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item