Mewujudkan Pelayanan Yang Berorientasi Publik

Istianda, Meita (2006) Mewujudkan Pelayanan Yang Berorientasi Publik. Bunga Rampai 5 FISIP-UT 2006. pp. 65-73. ISSN 9790110642

[img]
Preview
Text
meita-01.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik untuk mewujudkan pelayanan publik yang sebaik-baiknya diamanatkan oleh UUD 1945. Secara eksplisit tertuang dalam Bab Xa UUD 1945 tentang hak-hak asasi manusia. Namun pelayanan yang berorientasi publik dalam praktik belum optimal, sebagaimana yang kita saksikan atau kita alami dari ke hari implementasi pelayanan pemerintah terhadap publiknya belum menyentuh keinginan masyarakat sesungguhnya. Mengacu pada pendapat yang dirumuskan oleh Kementerian PAN,"pemenuhan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sangat menentukan bagi kelangsungan dan tegaknya sistem pemerintahan", maka pemerintah secara lebih serius mengurus permasalahan 'pelayanan publik'. Hal ini jika tidak dilakukan sama artinya dengan menghancurkan sistem pemerintahan itu sendiri. Untuk mengenali pelayanan publik yang bagaimana yang sebenarnya diharapkan masyarakat, perlu dikenali permasalahan pelayanan publik yang mendasar.

Item Type: Article
Additional Information (ID): meita-01.pdf
Uncontrolled Keywords: Ilmu Sosial, Pelayanan Publik, Layanan Pemerintah
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361.6 Governmental Social Work Action (Aksi Sosial Pemerintah)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 22 Nov 2018 04:48
Last Modified: 22 Nov 2018 04:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7638

Actions (login required)

View Item View Item