Pengaruh Level Kompetensi dan Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero)

Handoko, Tio (2008) Pengaruh Level Kompetensi dan Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41178.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan berawal dari fenomena yang terjadi di PT. Perkebunan Nusantara III (persero) dimana produksi minyak sawit dan produksi karet alam dari tahun 2004 s/d 2006 menunjukkan trend meningkat. Fenomena ini terjadi seiring dengan penerapan PTB dimana salah satu strateginya adalah CBHRM yaitu pengelolaan sumber daya manusia berbasis kompetensi yang dimulai penerapannya pada tahun 2004. Dalam proses penerapan strategi CBHRM ditetapkan dna KPI (Key Performance Indicator) yaitu CLI dan ESI. CLI menunjukkan seberapa tinggi level kompetensi karyawan sementara ESI menunjukkan seberapa tinggi tingkat kepuasan karyawan. Kedua indikator ini diyakini sebagai ukuran pencapaian kinerja sumber daya manusia yang siap berkompetisi (ready to compete) membawa PTPN III menuju Visi sebagai perusahaan agribisnis kelas dunia (World Class Agribusiness Company). Dikatakan demikian karena sumber daya manusia yang memiliki level kompetensi dan tingkat kepuasan yang tinggi ak.an melahirkan sumber daya manusia yang tidak hanya 'mampu' tetapi juga 'mau' memberikan kinerja terbaiknya bagi perusahaan. Untuk membuktikan hal itu, melalui penelitian ini akan diketahui apakah kinerja karyawan PTPN III dipengaruhi oleh level kompetensi dan tingkat kepuasan kerja. Disamping itu, penelitian ini juga bennanfaat bagi PTPN III untuk mendapatkan gambaran kontribusi implementasi strategi CBHRM terhadap kinerja. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kausal untuk menjawab 3 hipotesis, yaitu : (1) level kompetensi akan meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan, (2) tingkat kepuasan karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan, (3) tingkat kompetensi dan tingkat kepuasan karyawan secara bersama-sama akan meningkatkan kinerja karyawan secara signiftkan. Subjek penelitian adalah karyawan PTPN III yang terdiri dari karyawan pimpinan dan karyawan pelaksana. Unit kerja sumber data berjumlah 35 unit kerja. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Analisis hipotesis dilakukan dengan Teknik Analisis Korelasi Parsial Pearson dan Analisis Regresi Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) terdapat korelasi yang kuat, positif dan signifikan antara level kompetensi dengan kinerja karyawan (r = 0,65 dan Sig.=O,OOO), (2) terdapat korelasi yang kuat, positif dan signifikan antara tingkat kepuasan karyawan dengan kinerja karyawan (r = 0,621 dan Sig.=O,OOO), (3) tingkat kompetensi dan tingkat kepuasan kerja secara bersama-sama mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan dengan nilai F=26,002 (F tabel : 5,348) dan Sig. = 0,000, (4) besar pengaruh tingkat kompetensi dan tingkat kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 59,5%, (5) persamaan garis regresi yang diperoleh adalah: Y =-1,201 +0,358X1 + 0,586X2. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) level kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) tingkat kepuasan karyawan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) level kompetensi dan tingkat kepuasan karyawan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan sumbangan sebesar 59,5%. Artinya, implementasi CBHRM sebagai salah satu strategi yang ditetapkan dalam PTB memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja karyawan yang bennuara pada pencapaian Visi PTPN III. Keterbatasan penelitian ini adalah : (1) data CLI dan ESI yang tersedia hanya data tahun 2007. Dengan demikian time series analysis tidak dapat dilaksanakan sehingga hasil penelitian ini tidak dapat dijadikan dasar yang kuat dalam memprediksi kejadian di masa mendatang, terutama untuk perencanaan bisnis. (2) Peneliti adalah karyawan PTPN III meski bukan dati Bagian yang menangani program CBHRM dan asesmen serta survey terkait. Upaya untuk objektif dalam penelitian ini adalah dengan mengambil data sekunder yang merupakan data riel hasil pengulruran asesmen maupun survey yang telah dilakukan dan telah dipublikasikan ke seluruh jajaran PTPN III. Terlepas dati keterbatasan penelitian, beberapa saran yang dapat ditujukan bagi manajemen PTPN III adalah : (1) melaksanakan strategi CBHRM secara terpadu yang dikenal dengan ICBHRMS (Integrated Competency Based Human Resource Management System) untuk mendapatkan dampak implementasi CBHRM secara optimal, (2) melaksanakan program knowledge management untuk mencapai akselerasi pemerataan dan peningkatan kompetensi karyawan, (3) Lebih menggali faktor-faktor kepuasan karyawan yang mengarah pada pemupukan kekuatan ikatan emosional antara karyawan dengan perusahaan yang dikenal dengan Employee Engagement, dan secara konsisten berupaya untuk memeliharanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41178.pdf
Uncontrolled Keywords: performance appraisal, job-performance, ptb (business trarisformation program), cli (competency level index), esi (employee satisfaction index), cbhrm (competency based human resource management), penilaian karya, kinerja, ptb (program transformasi bisnis)
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:45
Last Modified: 03 Aug 2016 07:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item