Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru SMA di Kabupaten Karimun

Zabur, Muhd (2017) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru SMA di Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43015.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis besarnya pengaruh pendidikan terhadap kompetensi gum SMA di Kabopaten Karimun. 2) untuk menganalisis besarnya pengaruh pelatihan terhadap kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. 3) untuk menganalisis besamya pengaruh pendidikan dan pelatihan secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah guru-gum SMA di Kabupaten Karimun berjumlah 50 orang dari 5 SMA yang tersebar di Kabupaten Karimun yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikompulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian data dianalisis. Dari hasil analisis data dapat diketalmi bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. Koefisien determinasi sebesar 0,843 yang memiliki arti bahwa pengaroh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi guru adalab sebesar 84,3% dan sisanya dipengarohi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pada uji t diketahui kedua variabel baik Pendidikan maupun Pelatihan memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan kompetensi guru SMA di Kabupaten Karimun. Untuk Pendidikan dimana t hitung sebesar 1,914 dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yakni 1,914 > 1.672, hal ini menunjukkan babwa secara parsial (individual) ada pengamh yang positif signifikan pendidikan terhadap peuingkatan kompetensi kemudian juga untuk Pelatihan yang diperoleh t hitung sebesar (5,812) sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yakni 5,8122 > 1,690 oleh karenauya dari hasil tersebut memperlihatkan babwa variabel pelatihan (parsial) berpengaroh terhadap peningkatan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43015.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendidikan, Pelatihan, Kompetensi dan Guru, Influences, Education, Training, Competence and Teacher
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.2592 Training (Pelatihan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Nov 2018 04:27
Last Modified: 29 Nov 2018 04:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7685

Actions (login required)

View Item View Item