Pelayanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Nunukan

P., M Hamzah Haris (2017) Pelayanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Nunukan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43354.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan DPMPTSP dalam proses pelayanan perizinan IUJK di Kabupaten Nunukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitas pelayanan model SERVQUAL (Service Quality) yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, disimpulkan bahwa terdapat lima dimensi SERVQUAL sebagai berikut (Parasuraman et al, 1998), yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan IUJK di DPMPTSP Kabupaten Nunukan masih belum efektit; hal ini dikarenakan kemampuan kantor/pegawai untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya, dimana masih sering teijadi keterlambatan penyelesaian dan penerbitan Izin Usaha Jasa Konstruksi terutama penerbitan rekomendasi teknis pada Dinas Pekerjaan Umurn Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Nunukan, Kondisi sarana dan prasarana di DPMPTSP belum sepenuhnya mencerminkan kantor pelayanan pada urnumnya dimana kondisi yang diinginkan oleh pemohon adalah lingkungan yang nyaman dalam berkoordinasi, serta cepat dan akurat dalam proses pengurusan perizinan Izin Usaha Jasa Konstruksi dan terkait sarana DPMPTSP hams membuat suatu aplikasi perizinan online yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama yang kuat antara dinas DPMPTSP sebagai administrasi perizinan dan dinas DPU PRPKP sebagai dinas teknis yang menerbitkan rekomendasi teknis, Menempatkan perwakilan anggota tim teknis dari SKPD terkait untuk duduk bersama di kantor DPMPTSP, yang bertujuan untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi tentang pertimbangan teknis perizinan IUJK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43354.pdf
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Izin Usaha Jasa Konstruksi, Services of Construction Services Business License
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 620-629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 690-699 Buildings (Teknik Bangunan) > 693.8 Construction for Specific Purposes (Konstruksi Bangunan untuk Tujuan Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:43
Last Modified: 08 Jan 2019 08:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7778

Actions (login required)

View Item View Item