Implementasi Pola Pikir Matematika Divergen Dalam Hubungannya Dengan Upaya Mengisi Pembangunan Berkelanjutan

Pramono, Tukimin (2018) Implementasi Pola Pikir Matematika Divergen Dalam Hubungannya Dengan Upaya Mengisi Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2018: Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). pp. 171-181. ISSN 2088-0014

[img]
Preview
Text
FMIPA2018-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (247kB) | Preview

Abstract

Pembangunan berkelanjutan dipandang sebagai suatu bentuk baru dalam upaya pembangunan semesta dengan melihat aspek lingkungan dan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk jangka panjang. Menyikapi program tersebut, masyarakat pada umumnya memiliki proses berpikir yang berbeda dalam memecahkan masalah karena perbedaan daya berpikir melalui proses kognitif. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka makalah ini bertujuan untuk menunjukkan kompetensi berpikir divergen sebagai salah satu unsur upaya pembangunan berkelanjutan yang dalam penerapan di lapangan lebih kritis dan kreatif. Kompetensi berpikir divergen di kalangan masyarakat dipandang perlu karena semakin tingginya tingkat kompleksitas permasalahan yang terjadi hampir di segala aspek kehidupan. Pemecahan masalah melalui berpikir divergen akan memberikan kesempatan luas untuk melakukan inventarisasi masalah-masalah secara mendalam, sehingga masyarakat dapat mengkonstruksi segala kemungkinan pemecahannya secara divergen dan berkelanjutan. Penyusunan makalah ini didasarkan pada hasil penelitian kualitatif dengan subjek masyarakat di wilayah Kalurahan Bangunjiwo Kabupaten Bantul. Proses penelitiannya dimulai dari kajian teoritik yang dipadukan dengan data empiris berdasarkan fakta yang ada. Selanjutnya, dilakukan pengumpulan informasi, mereduksi, memaparkan, validasi, verifikasi data dan kemudian menyimpulkan. Hasil akhir penelitian dapat dilaporkan bahwa proses berpikir masyarakat dalam memecahkan masalah belum divergen. Pola pikir masyarakat belum inovatif berkelanjutan baik pada tahap memahami masalah, merencanakan, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali variasi hasil yang terjadi setelah usai penanganan.

Item Type: Article
Additional Information (ID): FMIPA2018-17.pdf
Uncontrolled Keywords: proses berpikir, matematika divergen, inovasi berkelanjutan
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FMIPA-UT 2018
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:32
Last Modified: 03 Jan 2019 01:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item