Analisis Kinerja Kantor Camat Sebagai Pelayanan Publik Pada Sekretariat Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil

Pohan, Ali Hasmi (2012) Analisis Kinerja Kantor Camat Sebagai Pelayanan Publik Pada Sekretariat Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41287.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan yang dibutuhkan masyarakat di Kecamatan Singkohor sangat kompleks, mulai dari masalah yang berkaitan dengan keluarga, antar masyarakat, sampai dengan masalah hukum. Tidak semua kebutuhan masyarakat memberikan pelayanan masyarakat dikarenakan ada beberapa hal yang dapat menentang hukum. Permasalah lain dalam pelayanan di Kecamatan Singkohor terkadang juga terjadi diakibatkan oleh Pegawai Negeri Sipil adalah masalah kedisiplinan. Masalah ini bukan hanya memberikan dampak bagi pelayanan masyarakat saja tapi juga memberikan dampak yang sangat mempengaruhi kriteria seorang Pegawai Negeri Sipil. Sehingga perlu adanya pembenahan terhadap kinerja kantor Kecamatan sebagai pelayanan publik di Kecamatan Singkohor. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan induktif. Jadi penelitian deskriptif dengan pendekatan induktif, suatu cara mempelajari dan mengamati permasalahan dengan mengumpulkan data. Unit analisis adalah Pegawai Negeri Sipil Kecamatan Singkohor dan informan yang dihimpun dari para tokoh masyarakat. Subyek penelitian adalah pimpinan dan seluruh aparatur kecamatan Singkohor. Dengan Sampel penelitian, semua karyawan yang ada di kantor Kecamatan Singkohor, baik PNS, tenaga honerer, penjaga kantor, petugas kebersihan dan juga tokoh masyarakat, tokoh ulama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh wanita. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kantor Kecamatan masih perlu adanya pembinaan dan perhatian yang lebih dari pimpinan, karena berdasarkan lima pengukuran kineIja belum ada yang mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, dilihat dari faktor sumber daya manusia dan sumber daya sarana dan prasarana. Sebagai kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah kineIja Pegawai Negeri Sipil pada Kecamatan Singkohor, belum bisa memberikan kepuasaan terhadap masyarakat dalam proses pelayanan akibat minimnyakualitas sumber daya manusia dan terbatasnya sarana dan prasarana. Dengan demikian penulis menyarankan agar dilakukan pembenahan dan pembinaan oleh pimpinan terhadap aparatur di Kecamatan Singkohor serta melengkapi sarana dan prasarana, sehingga diharapkan pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat dapat dilakukan secara maksimal oleh Pegawai Negeri Sipil di Kecamatan Singkohor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41287.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 09:13
Last Modified: 03 Aug 2016 09:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item