Implementasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Jenjang SMA Di Kabupaten Bulungan

Purwaningsi, Henny (2017) Implementasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Jenjang SMA Di Kabupaten Bulungan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43164.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Sejak pemerintah melaksanakan program BOS, Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan juga melaksanakan program BOSDA untuk jenjang SMA. Sekolah mendapatkan dana BOSDA dari sumber keuangan Kabupaten Bulungan dan dana BOSDA dari keuangan Provinsi Kalimantan Utara. Salah satu tujuan dari program BOSDA ini adalah untuk menghindari adanya pungutan dan membantu biaya operasional pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program BOSDA jenjang SMA di Kabupaten Bulungan dan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pengelolaan program BOSDA jenjang SMA di Kabupaten Bulungan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari Tim Manajemen BOSDA Kabupaten Bulungan, Tim Manajemen BOSDA Provinsi Kalimantan Utara, Tim Manajemen SMAN 1 Tanjung Selor dan SMAN 2 Tanjung Selor dengan wawancara secara mendalam dan panduan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan model implementasi dari Teori Edaward III yang terdiri dari 4 variabel yang mempengaruhi keberhasilan suatu pelaksanaan implementasi program BOSDA jenjang SMA yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi (sikap Pelaksana) dan Struktur Birokrasi. Hasil Penelitian menunjukkan Implementasi Kebijakan Pengelolaan Program BOSDA Jenjang SMA di Kabupaten Bulungan masih ada hambatan dalam hal pengelolaan manajemen BOSDA yaitu dari perencanaan belum maksimal. Untuk pengorganisasian juga masih belum efektif yaitu penempatan sumberdaya untuk mengelola dana BOSDA belum sesuai petunjuk teknis. Dan dari unsur pengendalian juga masih bel urn maksimal sehingga perlu adanya evaluasi untuk perbaikan program BOSDA ini. Selain itu, masih ada masalah yang dihadapi beberapa fakta internal yaitu (1) Komunikasi yang belum efektif sehingga dibutuhkan adanya peningkatan intensitas sosialisasi dan frekuensi komunikasi, (2) Sumberdaya yang ada masih belum memenuhi petunjuk teknis yang ada, peningkatan pengetahuan, informasi dan keterampilan bagi implementator; (3) Sikap pelaksana sudah menunjukkan sikap yang baik namun masih kurang antusias, dimana hal ini terlihat sering terlambat dalam pembuatan laporan, (4) Struktur birokrasi yang ada masih berjalan kurang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43164.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Program BOSDA, The Implementation of the Policy, The operational school aid program.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.3-351.9 Public Administration in Specific Localities (Administrasi Negara di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration (Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:33
Last Modified: 06 May 2019 04:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item View Item