Efektivitas Organisasi Dalam Pelayanan Publik Di Distrik Yapen Selatan

Djalali, Aini (2017) Efektivitas Organisasi Dalam Pelayanan Publik Di Distrik Yapen Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43130.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Menyadari arti penting keberadaan pemerintah kecamatan sebagai ujung tombak pelayanan, koordinasi dan pengawasan terhadap berbagai kegiatan pemerintahan di lingkungan kerjanya, serta mengacu pada berbagai fenomena yang timbul akibat perubahan kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, maka tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas Organisasi Kecamatan Yapen Selatan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas organisasi dalam pelayanan publik di kecamatan. Efektivitas organisasi konsep pengukurannya dilihat dari kemampuan menyesuaikan diri, tingkat produktivitas dan kepuasan kerja. Sedangkan sebagai variabel yang mempengaruhi efektivitas Organisasi Kecamatan Yapen Selatan, penulis melihatnya melalui faktor kemampuan aparat dan kepemimpinan. Agar didapat gambaran yang lengkap tentang obyek yang diteliti, penulis menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sumber data yang bersifat internal adalah pejabat struktural pada Kecamatan Yapen Selatan dan staf pelaksana. Sementara itu, sebagai sumber data eksternal adalah masyarakat yang kebetulan berurusan pada organisasi Kecamatan Yapen Selatan yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling aksidental. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Organisasi Kecamatan Yapen Selatan masih rendah. Rendahnya efektivitas organisasi dilihat dari tingkat kemampuan menyesuaikan diri terhadap perubahan baik internal maupun eksternal organisasi. Produktivitas organisasi yang masih rendah dilihat dari kemampuan organisasi merealisasikan penerimaan dari retribusi daerah dan pajak daerah yang ada di wilayah kerjanya belum mencapai target yang telah ditetapkan. Demikian pula halnya mengenai kepuasan kerja yang belum optimal karena adanya keluhan dari pegawai terhadap sistem pembagian insentif yang dinilai tidak adil, merata dan wewenang yang tidak mengacu kepada ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen Nomor 7 Tahun 2001 .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43130.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Produktivitas, Kepuasan, SDM, dan Kepemimpinan, Performance, Productivity, Unsatisfactory, Human Internal Power and Leadership.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.3-351.9 Public Administration in Specific Localities (Administrasi Negara di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 353 Specific Field of Public Administration (Administrasi Negara yang Membawahi Bidang Khusus, Departemen)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:22
Last Modified: 07 May 2019 04:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8268

Actions (login required)

View Item View Item