Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Di Desa Malinau Hilir) Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau

Tingai, Marta (2018) Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Di Desa Malinau Hilir) Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43696.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewenangan desa dalam pelayanan kesehatan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Ada 5 (lima) kewenangan lokal berskala desa, yaitu : (1) Pengembangan Pos Kesehatan Desa dan Polindes; (2) Pengembangan Tenaga Kesehatan Desa; (3) Pengelolaan dan Pembinaan Posyandu; (4) Pemantauan dan Pembinaan Upaya Kesehatan Tradisional (5) Pemantauan dan Penanggulangan Narkotika dan Zat Adiktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kualitas pelayanan kesehatan sesuai dengan kewenangan lokal berskala desa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Analisis kualitas berdasarkan dimensi kualitas menurut Parasuraman, Zeitahml dan Berry yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan faktor-faktor yang mempengaruhinya berdasarkan unsur masukan, unsur lingkungan dan unsur proses. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan merupakan studi kasus pelayanan kcschatan di Desa Malinau Hilir Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. Data penelitian diperoleh dari wawancara langsung dengan aparat desa, petugas kesehatan, kader kesehatan dan stakeholder lainnya yang sangat terkait dengan pelayanan kesehatan. Analisis dipertajam dengan tambahan data sekunder dari profil Kesehatan Puskesmas Mahnau Kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Desa Malinau Hilir Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau dari dimensi kualitas tangibles, reliability dan emphaty belum optimaL Faktor pengaruh yang dominan adalah organisasi yang tidak jelas, pegawainya tidak memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai serta ketidakjelasan pedoman sistem pelayanan. Rekomendasi : 1) perlu pembenahan desain bangunan Puskesmas Pembantu dan tambahan tenaga dokter serta pemenuhan sarana prasarana penunjang; 2) desa sebagai lembaga yang diberi fungsi dan tugas pemerintahan dengan status otonomi, perlu ditinjau ulang, agar mampu melaksanakan pelayanan publik yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43696.pdf
Uncontrolled Keywords: desa, kualitas dan pelayanan kesehatan, village, quality and health services.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 353.6 Administration of Health Services (Departemen Kesehatan (Depkes))
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 May 2019 04:06
Last Modified: 24 May 2019 04:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item