Evaluasi Strategi Peningkatan Penerimaan Retribusi Pasar Paya Ilang Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Kabupaten Aceh Tengah

Johnli, (2018) Evaluasi Strategi Peningkatan Penerimaan Retribusi Pasar Paya Ilang Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43470.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi meningkatkan penerimaan retribusi pasar paya ilang di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner, dokumentasi dan basil wawancara langsung dengan Dinas, Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi selaku objek pemungut retribusi pasar. Sedangkan data sekunder terdiri dari data PAD, retribusi pasar, potensi pasar, upah pungut serta Perda tentang retribusi daerah. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yang menggunakan basil wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan basil penelitian ini, penerimaan retribusi pasar belum terkelola secara optimal. Pada tahun 2016 penerimaan retribusi pasar kurang sedikit dari target yang ditetapkan, yaitu target Rp. 948.000.000 dan realisasinya Rp. 774.689.000. Rata-rata efektivitas penerimaan diantaranya dari segi pemeriksaan dan pengawasan terhadap wajib retribusi yang baru dan memberikan denda kepada wajib retribusi yang tidak membayar retribusi serta menambah jumlah sarana dan prasarana pelayanan public. Faktor-faktor positif dan negatif yang mempengaruhi penerimaan retribusi pasar paya ilang di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Aceh Tengah yaitu, pertama, struktur organisasi adalah suatu organisasi yang melaksanakan suatu kegiatan yang dalam pelaksanaan implementasi kebijakan retribusi terkait dengan kejelasan SOP atau prosedur kerja. Kedua, sumber daya dalam implementasi retribusi pasar paya ilang dalam pelaksanaan kegiatan retribusi pasar yaitu sumber daya manusia maupun fasilitas yang akan digunakan dalam pelaksanaan kegiatan retribusi pasar. Ketiga, komunikasi adalah faktor yang mempengaruhi dalam menyampaikan informasi dari salah satu pihak ke pihak lain dalam pelaksanaan retribusi pasar yaitu pihak yang dimaksud adalah petugas Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi kepada petugas pasar mengenai pelaksanaan aturan-aturan retribusi pasar. Keempat, disposisi salah satu yang mempengaruhi retribusi pasar ini merupakan sikap dari pengambil kebijakan dalam menjalankan kegiatan retribusi pasar apakah pengambil kebijakan memiliki tingkat komitmen dan kejujuran dalam pelaksanaan suatu program.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43470.pdf
Uncontrolled Keywords: Peningkatan , Retribusi Pasar, Enhancement, Market Retribution
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 334 Cooperative (Koperasi, Sistem Perkoperasian)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 354.6 Administration of Industries (Departemen Perindustrian)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 354.73 Administration of Commerce (Departemen Perdagangan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2019 02:25
Last Modified: 16 May 2019 06:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

View Item View Item