Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Pangkalpinang Menggunakan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis

Rachmad, (2012) Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Pangkalpinang Menggunakan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1340916.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut mutu pelayanan SMA Negeri 1 Pangkalpinang, menganalisis perbedaan tingkat kinerja sekolah dengan tingkat kepentingan siswa di SMA Negeri 1 Pangkalpinang, dan merekomendasikan cara untuk meningkatkan kepuasan siswa SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat kausal dengan menggunakan metode survey. Subyek dan lokasi penelitian adalah 89 siswa di SMA Negeri 1 Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Uji reliabilitas dan validitas dilakukan untuk melihat valid atau tidaknya kuesioner penelitian. Untuk mengukur kepuasan siswa digunakan metode servqual (service quality). Analisis tingkat kinerja sekolah dan tingkat kepentingan digunakan metode importance Performance Analisys. Berdasarkan analisis menggunakan metode servqual hanya enam atribut kualitas pelayanan yang tingkat kepuasannya kategori cukup puas. Sedangkan 10 atribut kualitas pelayanan lainnya kategori kurang puas. Berdasarkan dimensi servqual hanya dimensi responsiveness yang tingkat kepuasan kategori cukup puas, dimensi yang lainnya kategori kurang puas. Berdasarkan importance Performance Analisys terdapat empat atribut yang menunjukkan konsumen kurang puas.Atribut tersebut adalah kehandalan guru menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar mengajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan pengembangan potensi siwa; kepala sekolah dapat dipercaya dalam pengelolaan keuangan sekolah.Kemudian jaminan dari guru atas penguasaan materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; dan empathy dari guru dan kepala sekolah atas permasalahan kegiatan belajar mengajar, keluhan peserta didik dan kebutuhan berprestasi dalam perlombaan akademim dan non akademik. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat kinerja sekolah dengan tingkat kepentingan siswa di SMA Negeri 1 Pangkalpinang dari masing-masing 16 atribut pelayanan jasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1340916.pdf
Uncontrolled Keywords: service quality, servqual, importance-performance analysis, satisfaction
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:37
Last Modified: 05 Sep 2018 09:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item