Analisis Matriks Tingkat Kepentingan dan Kinerja Pengelolaan Tutorial Mahasiswa Bidikmisi di UPBJJ-UT Kupang

Silalahi, Wise Rogate (2017) Analisis Matriks Tingkat Kepentingan dan Kinerja Pengelolaan Tutorial Mahasiswa Bidikmisi di UPBJJ-UT Kupang. In: Temu Ilmiah Nasional Guru IX Tahun 2017, 2017, UTCC.

[img]
Preview
Text
L0067-19.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada perguruan tinggi yang memiliki sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh, keberhasilan pembelajaran lebih ditentukan oleh adanya jiwa kemandirian dan motivasi tinggi dari mahasiswa. Terbatasnya layanan tutorial tatap muka yang diberikan, membuat mahasiswa harus memanfaatkan layanan tersebut secara efektif dengan lebih mensinergikan antara pembelajaran mandiri di dalam kelas dengan di luar kelas. Di sisi lain, kegiatan tutorial oleh tutor harus dapat memfasilitasi kebutuhan belajar mahasiswa dengan membantu kesulitan akademik pada materi-materi yang belum dikuasasi. Keberhasilan layanan tutorial tidak terlepas dari kegiatan pengelolaan yang dilakukan oleh pihak manajemen UPBJJ-UT Kupang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Perencanaan meliputi persiapan, seleksi tutor, dan pembekalan tutor. Kegiatan pengorganisasian meliputi pengaturan jadwal dan penugasan. Kegiatan pengawasan meliputi monitoring dan eva luasi kegiatan. Untuk mengetahui kepuasan terhadap layanan tutorial yang diberikan, peneliti melakukan analisis kepuasan pelanggan dengan metode matriks Tingkat Kepentingan (Importance) - Kinerja (Performance) pada aspek-aspek pengelolaan tutorial yang diberikan. Kegiatan dilakukan pada Periode 2016.1, 2016.2, dan 2017.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang memiliki tingkat kinerja di bawah rata-rata, dan memiliki tingkat kepentingan di atas rata-rata adalah pada aspek pengawasan, yaitu (3,0; 3,7). ini adalah atribut dengan prioritas tinggi untuk peningkatan layanan. Sementara atribut pada aspek persiapan meliputi perencanaan, pembagian kelas, memiliki tingkat kinerja di atas dari kepentingan. Pada kegiatan pengelolaan aspek pengawasan, kinerja di bawah kepentingan. Untuk peningkatan layanan uji masa mendatang, aspek pengawasan harus ditingkatkan lagi kinerjanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): L0067-19.pdf
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepentingan, Kinerja, Pengelolaan Tutorial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:35
Last Modified: 07 Aug 2019 03:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item