Wahjunirahman, I Ketut Djabal (2014) Analisis Sikap Dan Perilaku Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Dl Ruang Perawatan VIP Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin Pangkalanbun. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41845.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh masalah nilai lndeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Ruang Perawatan VIP Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun yang masih rendah. Penelitian ini difokuskan pada analisis sikap pasien terhadap pelayanan kesehatan di Ruang Perawatan VIP. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan nonprobability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sikap dan perilaku pasien terhadap atribut-atribut jasa yang telah diberikan dengan menggunakan model fishhein extended. Data hasil identifikasi terhadap hubungan antara sikap pasien dengan atribut-atribut jasa pelayanan berdasarkan karakteristik pasiennya dilakukan menggunakan uji chi square dan uji korelasi tau kendall. Data basil identifikasi terhadap atribut-atribut yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan dilakukan menggunakan importance performance analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan. konsumen mempunyai sikap atau berperilaku positif terhadap Ruang Perawatan VIP. Hal ini disebabkan selain karena faktor internal ( sikap) mereka bersikap positif. juga akibat pendapat kelompok referensi yang juga positif terhadap Ruang Perawatan VIP. Kedua hal tersebut besar pengaruhnya dalam membentuk perilaku pasien. sehingga secara keseluruhan mereka mempunyai keinginan untuk dirawat di Ruang Perawatan VIP. Hasil Importance Perfiwmance Analisis menunjukkan dimensi responsiveness adalah dimensi pelayanan yang paling dianggap penting oleh pasien dibandingkan dimensi-dimensi kualitas pelayanan lainnya dalam hal kepentingan pasien. Dalam hal kinerja pelayanan. dimensi assurance memiliki nilai rata-rata paling tinggi dibandingkan dengan dimensi-dimensi lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41845.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Attitude-behavior of the patient. Hospital Sultan lmanuddin. inpatient services VIP, Pelayanan rawat inap VIP,RSUD Sultan Imanuddin. sikap perilaku pasien. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior (Perilaku Konsumen) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 22 Apr 2016 05:56 |
Last Modified: | 22 Apr 2016 05:56 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/88 |
Actions (login required)
View Item |