Pelaksanaan Kebijakan Kantor Pelayan Perizinan Terpadu Satu Pintu Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dikabupaten Aceh Singkil

Cibro, Usman Ali (2013) Pelaksanaan Kebijakan Kantor Pelayan Perizinan Terpadu Satu Pintu Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dikabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41589.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kebijakan Kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan perizinan di Kabupaten Aceh Singkil, dengan maksud mengetahui mengapa kualitas pelayanan publik di bidang perizinan rendah dan apa upaya yang dilakukan agar kualitas pelayanan perizinan meningkat. Penelitian ini mengkaji strategi yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan perizinan di Kabupaten Aceh Singkil dan upaya yang dilakukan guna meningkatkan pelayanan publik di bidang perizinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data dan informasi diperoleh dari informan, didukung dengan dokumen yang sesuai setting dan field penelitian. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan audio visual. Data yang diperoleh, kemudian diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi selanjutnya dilakukan penafsiran dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di bidang perizinan di Kabupaten Aceh Singkil masih belum memenuhi harapan masyarakat, antara lain disebabkan sikap dan tingkah laku aparat kurang responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kecenderungan memperlihatkan pemahaman yang kaku dan berorientasi tugas dengan tuntutan target melalui laporan-laporan formal kepada atasan, sehingga pertimbangan terhadap kepentingan masyarakat menjadi terabaikan. Faktor kelembagaan, mekanisme kerja pada UPT belum maksimal karena kewenangan penandatanganan suatu surat izin yang dikeluarkan bukan kewenangan kepala UPT tetapi kewenangan Bupati yang didelegasikan kepada kepala dinas atau instansi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41589.pdf
Uncontrolled Keywords: service excellence, pelayanan prima
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:54
Last Modified: 04 Aug 2016 04:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item